Tanya Dokter

  • Implan kontrasepsi sebelum menikah

  •  chuyoe
    Anggota

    dok klo saya blm menikah trus saya ke bidan untuk implan kb boleh apa tidak? saya takutx klo kb hrus sudah nikah krn clon suami saya msh ingin menunda kehamilan

    Halo,   Penggunaan KB dilakukan pada orang yang telah aktif secara seksual dan ingin mencegah terjadinya kehamilan. Jadi tidak ada masalah jika Anda ingin menggunakan kontrasepsi sebelum menikah. Namun lebih baik Anda memilih metode kontrasepsi lain dibaningkan implan jika Anda belum berhubungan seks secara aktif (belum menikah). Metode kontrasepsi sangat beragam dengan pilihan masing masing beserta efeknya, antara lain yaitu :

    1. Pil KB = metode ini dianggap paling aman dikonsumsi oleh wanita yang aktif secara seksual namun belum menikah dan masih ingin menstruasi secara normal serta masih ingin bisa segera hamil begitu kontrasepsi dihentikan.
    2. Suntik KB = penggunaan KB suntik 1-3 bulan biasa dilakukan  jika ingin menunda kehamilan paska melahirkan. Memiliki efek samping tidak datangnya menstruasi secara normal setiap bulan dan memerlukan waktu untuk kembali subur paska penghentian KB.
    3. Penggunaan IUD. = menggunakan spiral pada rahim untuk mencegah kehamilan, biasa dilakukan pada wanita yang tidak bisa menggunakan hormonal dan menginginkan efektivitas kontrasepsi  yang cukup lama yaitu sekitar 3 tahun.
    4. Kondom. = juga bisa dilakukan pada wanita yang belum menikah namun aktif secara seksual.
    5. Implan/ susuk KB. = memerlukan metode operasi ringan pada lengan untuk memasukkan implan, bisa tahan lama (3-5 tahun).
    Bertanyalah kepada bidan metode kontrasepsi apa yang terbaik untuk Anda pada saat ini. Tidak perlu malu untuk bertanya walaupun Anda belum menikah. Semoga membantu.   dr. Yusi

    chuyoe  NiaKitty
    Anggota

    Apa tdk mngakibatkan kering di rahim dok..??