Tanya Dokter

  • Merasa tidak nyaman saat mengeluarkan sperma

  • dok saya ingin tanya. satu bulan yang lalu saya terkena gonore dan saya sudah disuntik sebanyak 4 kali dan di beri antibiotik oral juga. dan sekarang nanah di mr.p sudah tidak keluar dan tidak sakit saat buang air kecil. namum ketika mengeluarkan sperma saya merasakan tidak nyaman dok. apakah saya masih terinfeksi gonore?

    Dear Merlin, Gonore adalah penyakit menular seksual yang memberikan gejala berupa rasa perih saat buang air kecil dan keluarnya cairan nanah lewat lubang kencing. Diagnosis gonore pada pria lebih mudah dibuat karena lebih sering menimbulkan gejala daripada pada wanita dimana infeksi ini sering tidak menimbulkan gejala. Dokter akan memberikan antibiotik yang tepat sehingga diharapkan semua bakteri Neisseria gonorrhoeae yang merupakan penyebab penyakit ini musnah semuanya. Obat yang diberikan harus dikonsumsi sampai habis sesuai petunjuk dokter. Bila obat yang diminum ini telah habis, jangan lupa untuk kontrol kembali ke dokter yang meresepkan obat untuk diperiksa apakah infeksi Anda benar-benar telah sembuh. Gejala gonore biasanya akan mereda setelah beberapa hari dari pengobatan pertama. Namun rasa tidak nyaman bisa tetap ada beberapa pekan setelahnya. Anda dianjurkan untuk kembali ke dokter dua minggu setelah pengobatan pertama diberikan untuk mendapatkan pemeriksaan apakah Anda telah sembuh total atau belum dari penyakit ini. Hilangnya gejala tidak membuat Anda pasti telah sembuh karena infeksi ini bisa tetap ada tanpa gejala. Hal yang sangat penting diperhatikan dalam mengobati gonore adalah pasangan seksual Anda juga perlu diterapi. Penularan gonore ini mudah sekali terjadi lewat hubungan seksual. Setelah Anda dinyatakan sembuh pun, Anda tidak kebal terhadap infeksi ini, sangat mungkin bisa tertular kembali jika Anda melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

    • jangan melakukan hubungan seksual sebelum Anda benar-benar dinyatakan sembuh oleh dokter
    • gunakan kondom dalam melakukan hubungan seksual
    • bawa ke dokter juga pasangan seksual Anda
    • jangan berganti-ganti pasangan seksual
    • setia pada pasangan (istri) Anda
    • hindari berhubungan seksual dengan orang yang tidak jelas riwayat seksualnya
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Gonore Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya