Tanya Dokter

  • Penularan dan gejala-gejala HIV

  •  Mr.Lee
    Anggota

    Selamat Malam dok.

    Saya disini ingin bertanya,

    Saya pernah Berhubungan Intim Dengan PSK sekitar 4-5 Minggu atau hampir 1 Bulan ya Lalu,

    Saat selesai berhubungan intim tanpa menggunakan Kondom, saya tidak langsung membersikan Penis saya, saat saya sampai di rumah baru saya membersihkan kepala penis saya dengan Minuman bersoda bermerk Sprite.

    Saya Selesai berhubungan Saya merasakan Gatal Pada Penis saya, tdk sprti yg sblum nya menggunakan kondom, Singkat cerita , dua hari yg lalu saya merasakan Letih tapi letih saya melakukan aktifitas, kedua Otot Saya Nyeri tidak seperti biasa nya , ada muncul bintik" merah kecil pada bagian Badan, dan rasa gatal tapi seperti gigitan nyamuk. trus ada muncul Luka air/sprti bekas terkena air panas pada jari kaki saya tapi sudah sedikit sembuh. trus pada lidah saya bagian atas putih  dan ada bintik-bintik kecil putih tapi tidak keseluruhan dan ada juga bintik merah lumayan besar sekitar 3-4 bintik pada lidah yg putih letak nya di pinggir, pada bagian bawah ada bintik merah seperti kumpulan darah tapi kecil dok. tapi saya tidak mengalamin berkeringat seperti mandi pada malam hari, tidak pusing berat tapi sedikit pusing, kemarin sempat flu krn minum air es. mulut terasa kering tapi saya perokok dan itu hal biasa yg pernah saya rasakan.

    Tolong pencerahannya dok, saya takut sekali terkena penyakit HIV. Makasih.

    Halo Mr. Lee, Penularan HIV melalui hubungan seksual per vagina tidak 100%, bahkan cenderung sangat kecil. Kalaupun tertular HIV, maka gejala yang dialam adalah seperti flu, tidak terlalu berat, setelah itu anda akan hidup tanpa ada gejala selama 10 tahun atau lebih baru mulai muncul sakit penyakit. Diskusi ini mungkin dapat anda jadikan masukan. Perlu anda ketahui bahwa Penyakit Menular Seksual (PMS) memiliki beberapa jenis bukan hanya HIV. Berikut PMS yang disebabkan oleh bakteri:

    • Sifilis, dimana gejala dapat muncul dalam 10 - 90 hari setelah berhubungan dengan ciri khas adanya luka/tukak yang muncul pada lokasi pertama bakteri masuk seperti penis, vagina, mulut, tangan, amandel.
    • Gonore atau kencing nanah, dengan ciri khas pada penis mengeluarkan nanah dan rasa seperti terbakar saat buang air kecil.
    • Chlamydia, dimana penyakit ini cenderung tidak ada gejala pas awalnya, dan dapat menyebabkan penis keluar kotoran berwarna jernih atau putih
    Untuk PMS yang disebabkan oleh virus atau parasit masih ada beberapa lagi. Dari gejala yang anda alami, hal ini bisa mengarah ke Sifilis. Untuk memastikan lebih lanjut apakah ini sifilis, diharuskan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Pengobatan yang tepat dan akurat akan diberikan oleh dokter spesialis sesuai dengan diagnosa. Berikut tips dalam berhubungan seks:
    • Setia lah kepada pasangan, jangan bergonta ganti pasangan terutama dengan pelaku seks bayaran
    • Gunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan lain
    • Lakukan lah seks yang sewajarnya, jangan melakukan seks melalui anus/pantat karena resiko penularan HIV lebih besar lewat anus
    • Lakukan VCT jika anda memiliki pola hidup seks bebas
    Diskusi ini mungkin bermanfaat. Semoga membantu, dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    Mr.Lee  Mr.Lee
    Anggota

    Puji Tuhan dok, saya agak sedikit legah. saat saya ingin bertanya saya sangkah saya positif HIV, hampir saya prustasi dok karena melihat gejala HIV sm seperti yang saya rasa kan sekarang. Tapi dalam pikiran saya masih terhiang ketakutan karena HIV dok, Soal nya gejala awal HIV  -demam, -Flu, -Kepala pusing, dan itu terjadi pada 3-4 minggu saat terserang HIV/saat melakukan hub. intim yg terjangkit HIV. Waktu nya sangat Pas yg saya rasa kan Dok. Saya Bener-bener Takut sekali dok.