Tanya Dokter

  • Sering berpikiran buruk terhadap orang lain

  •  laksmana14
    Anggota
    Selamat malam dok, nama saya laksmana. Masih berumur 22 thn . Saya mau tanyak nih dok . Knpa saya saat berbicara dngan seseorang, seseorang itu selalu menggoyang kan kaki nya dan seseorang itu selalu batuk dan tdak merasa nyaman trkadang. Jadi saya pikir saya mengganggu dya. Saya pun merasa tdak nyaman . Jadi saya terus berpikiran buruk dok karnah lum tau jawabn nya itu. Bukan hanya itu dok. Saat saya duduk di samping orang yang tak kenal dan tidak berbicara pun mereka menggoyang kan kaki nya terus dan batuk2 dok jadi saya pikir. Apa karna pikiran saya mereka seperti itu jadi batuk atau goyang kan kaki mereka jadi trganggu . Dan 1 lagi dok klok orang dkt sama sya mereka seperti menarik ingus/seperti flu gtu dok saya jadi bingung mereka knpa pdhal saya tak mengganggu mereka . Apa yang sala dngan saya mereka mnjadi seperti itu. Pdahal saya hanya diam . Jadi saya pikirin itu sajah dok mereka semakin membuat nya dok. Jadi saya slalu melawan pikiran itu biar mereka tdak seperti itu lagi dok. Jadi sakit kpla saya dok. Karnah melwn pikiran saya ni dok. Mohon dong dok info nya . Knpa mereka seperti itu. Biar saya tak berperasangka buruk pada orang itu. Dan saya tdak berperasangka buruk jugga dngan orang tua saya dok karnah ada nya hal itu. Saya tdak brani menayakan hall ini karnah saya orang nya pemalu dan pendiam dok. . Bantu saya ya dok . Saya takut kehilangan ketenangan saya dok. Dan tdak mau ini saja yang sya pikirin. Trimakasi sebelum nya dok

    Selamat Pagi Laksamana,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan yang Kamu utarakan apabila terjadi terus menerus tentunya dapat mengganggu aktivitas Kamu sehari-hari, jika begini, memang sebaiknya Kamu konsultasi langsung dengan Dokter sehingga Dokter dapat mengevaluasi dan membantu memberikan solusi. Kemungkinan Kamu mengalami Gangguan Kecemasan, yaitu rasa cemas atau khawatir yang berlebihan dan tak terkendali sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, gejalanya dapat berupa:

    • senantiasa cemas, bahkan untuk hal sepele
    • resah dan sulit untuk tenang
    • selalu tegang, uring-uringan
    • sulit konsentrasi
    • kelelahan
    • sakit kepala

    Gangguan kecemasan dapat dicetuskan atau disebabkan oleh beberapa hal, dimana untuk mengatasi gangguan kecemasan ini, sebaiknya ditelusuri faktor pencetusnya. Beberapa pencetus gangguan kecemasan: pernah mengalami trauma, misalnya kekerasan di rumah, faktor keturunan, riwayat penggunaan obat terlarang, gangguan pada otak (senyawa serotonin dan noradrenalin yang tidak seimbang dalam otak), dan penyebab-penyebab lainnya. Oleh karena itu perlu anamnesis (Tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang. Jadi sebaiknya Kamu ke Dokter Umum terlebih dahulu ya.

    Selain ke Dokter Kamu juga dapat melakukan relaksasi sederhana di rumah, rutin berolahraga, berusaha selalu berpikiran positif, dan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

    Demikian semoga membantu ya,

    dr. Annes