Tanya Dokter

  • Tonjolan di ketiak

  • Selamat sore, dokter..... Ada teman saya yg mempunyai tonjolan daging kecil di ketiak. Lamanya sudah bertahun-tahun. Dulunya tidak sakit, tapi sekarang sakit. Itu gejala apa ya? Bgaimana mengobatinya? Trimakasih.....

    لقمان الحكيم حامل القران  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh berbagai kelainan, beberapa kondisi yang dapat menimbulkan gangguan tersebut :

    1. Infeksi pada jaringan kulit, jaringan ikat dan sekitar folikel/akar rambut ketiak, biasanya karena infeksi bakteri, misalnya selulitis, abses, folikulitis, furunkel, karbunkel, dan hidradenitis suppuratif. Umumnya jika karena infeksi disertai tanda peradangan seperti kemerahan, demam, nyeri pada penekanan, dan pernanahan (jika ada)
    2. Pembesaran kelenjar getah bening, dapaat terjadi akibat infeiksi (limfadenitis) ataupun non infeksi (limfadenopati)
    3. Tumor jinak : lipoma (dari jaringan lemak), fibroma (dari jaringan ikat), kista aterom
    4. Tumor ganas : limfoma (dari jaringan limfe), penyebaran keganasan dari tempat lain (misal dari payudara)
    Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk masalah ini, terlebih karena banyaknya kemungkinan penyebab. Kasus-kasus benjolan memerlukan pemeriksaan fisik langsung dari dokter. Pemeriksaan fisik sangat penting untuk membantu dokter menentukan sifat benjolan tersebut apakah jinak/ganas dan membantu mengarahkan serta menentukan penyebabnya. Sesuai kebutuhan, mungkin dapat diminta beberapa pemeriksaan penunjang (jika perlu) seperti pemeriksaan darah dan biopsi. Penanganan sangat tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya infeksi maka diperlukan antibiotik, jika tumor jinak maka diperlukan tindakan operatif untuk mengangkatnya. Nyeri yang muncul dapat karena munculnya peradangan (infeksi ) dapat pula karena pembesaran benjolan yang menekan struktur disekitarnya. Hal-hal yang perlu anda lakukan:
    • Jika terdapat tanda peradangan/infeksi seperiti yang saya sampaikan diatas, kompres dingin dapat membantu mengempiskan,
    • Jangan menggaruk/memencet-mencetnya
    • Jaga kebersihan area ketiak
    • Jika nyeri anda dapat mencoba meredakannya dengan pereda nyeri seeprti parasetamol dan ibuprofen
    • turuti anjuran dokter
    demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.