Tanya Dokter

  • Solusi atasi panu yang tak kunjung sembuh

  •  daniusman
    Anggota
    Aslamualikum dok?? dok yang baik hati saya dani usman maaf kembali bertanya. Dok maaf saya mau tanya apa nama obat panu yang ampun 1/2 hari bisa hilang yang berbentuk salep dok soalnya temen saya kata nya dulu obat nya salep 3 hari langsung hilang dok tapi gak tau salep apa dok nama nya ??

    Hai, 

    Panu disebabkan oleh infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak pada kulit, yang berwarna lebih terang atau lebih gelap dari kulit sekitarnya, menimbulkan gatal dan bersisik. Jika tidak diberikan pengobatan yang tepat, maka ruam kulit akibat panu akan melebar.

    Beberapa faktor yang meningkatkan risiko timbulnya panu:

    • sering berkeringat berlebihan
    • memiliki jenis kulit berminyak
    • tinggal di daerah lembap bersuhu hangat
    • usia remaja atau awal 20-an
    • tingkat kekebalan tubuh yang rendah
    • perubahan hormon

    Cobalah untuk tetap menjaga kebersihan tubuh. Segera ganti baju jika basah atau banyak berkeringat. Tidak menggaruk berlebihan saat timbul gatal, agar tidak menimbulkan infeksi lebih lanjut. 

    Krim atau salep antijamur merupakan obat yang sering digunakan untuk pengobatan panu.  Lamanya pengobatan juga tergantung dari luasnya penyebaran infeksi jamur atau panu, maupun respon terhadap pengobatan. Sebaiknya obatv digunakan sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang benar.

    Krim antijamur banyak dijual bebas di apotek, misalnya yang mengandung klotrimazol, mikonazol, selenium sulfid.  Terapi dengan krim antijamur biasanya diberikan untuk pengobatan bercak panu yang masih kecil. 

    Jika krim antijamur kurang efektif, atau bercak panu sudah meluas, maka dapat diberikan tablet antijamur, yang harus dikonsumsi secara rutin sesuai dengan anjuran dokter. 

    Jika gejala belum membaik, dan untuk mengetahui kondisi ruam kulit lebih lanjut, disarankan untuk periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung dan segera diberikan pengobatan yang tepat.

    Halaman berikut membahas Pengobatan panu 

     

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica