Tanya Dokter

  • Apakah toxoplasma menyebabkab bayi lahir prematur?

  •  Unike Efendi
    Anggota

    hallo dok,

    sebelumnya saya sudah menanyakan penyebab lahir prematur,namun virus toxo plasma tidak termasuk didalamnya, saya hanya ingin lebih jelas dok, apakah orang sebelum hamil terkena virus toxoplasma dapat melahirkan prematur? dan ciri-ciri orang yang terkena toxo seperti apa dok?

    Halo Unike,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Toksoplasmosis adalah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit Toxoplasma gondii (T. gondii). Pada dasarnya tidak ada gejala khas yang muncul bila terinfeksi toksoplasma, terutama apabila daya tahan tubuh Anda bagus.

    Toksoplasmosis memiliki beberapa gejala umum, yaitu:

    • Pada manusia sehat, yaitu demam tinggi, nyeri otot, kelelahan, radang tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening.
    • Pada ibu hamil, menyebabkan gangguan kehamilan seperti keguguran, kelahiran mati, atau toksoplasmosis kongenital yang menimbulkan kerusakan otak, hilang pendengaran, dan gangguan penglihatan pada bayi pada saat atau beberapa bulan atau tahun  setelah dilahirkan.
    • Pada penderita gangguan sistem kekebalan tubuh, gejala infeksi toksoplasmosis adalah sakit kepala, kebingungan, kurangnya koordinasi tubuh, kejang, kesulitan bernapas, dan gangguan penglihatan.

    Pada ibu hamil yang terinfeksi pada trisemester pertama dapat menyebabkan keguguran, sedangkan apabila terkena bila usia kehamilan lebih dari 20 minggu kemungkinan yang timbul antara lain adalah bayi lahir maninggal atau bayi terkena toksoplasmosis keongenital.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar