Tanya Dokter

  • Pembacaan hasil lab

  •  Tanti kirei
    Anggota
    Dok saya mau bertanya. Jika hasil pemeriksaan 1. anti toxoplasma igg positif, kons :152,9 dan igm nya negatif 2. Anti rubella igg positif, kons : 92,6 dan igm negatif maksudnya apa ia saya bingung apa harus pengobatan atau gimana. Mohon bantuannya dok

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Pada dasarnya, pembacaan hasil pemeriksaan tersebut untuk melihat ada atau tidaknya IgG dan IgM dari masing-masing virus yang diperiksa dengan menggunakan tanda reaktif/tidak (+/-) serta angka yang menunjukkam seberapa banyak virus yang ada di tubuh (jika diketahui reaktif). Berikut hasil interpretasi hasil IgM dan IgG :

    • IgM negatif dan IgG positif menandakan sudah memiliki antibodi atau pernah terinfeksi sebelumnya. Tidak memerlukan pengobatan.
    • IgM negatif dan IgG negatif menandakan belum adanya antibodi atau belum pernah terinfeksi sebelumnya.
    • IgM positif dan IgG negatif menandakan infeksi terjadi pertama kali dan memerlukan pengobatan.
    • IgM positif dan IgG positif menandakan infeksi akut sudah terjadi > 8 minggu atau merupakan penyakit kambuhan dan memerlukan pengobatan.

    Namun, pembacaan hasil tsb tetap harus dilakukan oleh dokter secara langsung. Disarankan agar Anda tetap memeriksakan diri dan berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan agar bisa dijelaskan dengan lebih seksama dan menyeluruh sesuai dengan kondisi Anda berdasar dari pemeriksaan fisik, riwayat penyakit lama dan kondisi sekarang serta hasil lab tersebut. 

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti