Tanya Dokter

  • Prosedur Transplantasi Ginjal

  •  araska
    Anggota
    Selamat siang, Dokter. Apakah transplantasi ginjal dapat dilakukan apabila resipien dan donor berbeda golongan darah? Terima kasih.

    Hai Araska. Transplantasi ginjal merupakan suatu prosedur yang umumnya berupa prosedur terapi pada kasus gagal ginjal stadium akhir, keganasan dan akibat kecelakaan. Untuk melakukan transplantasi organ dan dalam hal ini adalah ginjal, dibutuhkan menilai kecocokan beberapa hal antara di penerima (resipien) dan donor dimana bertujuan untuk meminimalisasi resiko penolakan dari penerima. Beberapa hal tersebut yakni kecocokan golongan darah serta tipe jaringan. Selain itu, kondisi klinis donor dan resipien sendiri perlu dinilai apakah adakah masalah kesehatan yang mungkin mempengaruhi ginjal ke depannya dan apakah kondisi keduanya cukup fit untuk melakukan transplantasi. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Prosedur ini bukan merupakan prosedur yang mudah karena resiko yang besar baik dari operasi hingga untuk ke depannya. Setelah melakukan prosedur ini sendiri, menjaga pola hidup sehat penting agar ginjal tetap dapat berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa