Tanya Dokter

  • Resiko transplantasi kepala

  •  Putri Wahyuni
    Anggota
    Di artikel-artikel, berita, dan video yang saya lihat, bulan Desember 2017 akan dilakukan transplantasi kepala pertama di dunia (negara sama nama pasiennya saya lupa). Menurut dokter, apakah operasi itu akan berhasil? Lalu menurut dokter pula, resiko-resiko apa saja yang akan terjadi? Terima kasih.

    Halo,

    Rencana transplantasi kepala menjadi klaim yang masih sangat kontroversial sampai detik ini. Hal ini dikarenakan belum ada suatu tindakan transplantasi kepala pada hewan percobaan yang benar-benar berhasil dan penjabaran jurnal ilmiah oleh ahli yang berencana melakukannya dianggap tidak memadai untuk dilakukan pada manusia.

     Terdapat 3 kendala utama dalam setiap tindakan transplantasi :

    • Reaksi penolakan organ transplantasi sebagai bagian dari reaksi imunitas normal. Angka kegagalan transplantasi karena reaksi penolakan organ donor, masih cukup tinggi walau telah ditemukan obat immunosupresan.
    • Terhentinya seluruh aliran darah ke otak beberapa saat yang akan merusak sel saraf seketika. Kondisi ini belum ada solusi ilmiah medisnya.
    • Terputusnya jaringan saraf tulang belakang yang mengatur pernafasan dan fungsi organ vital, dimana teknik penyambungan/rekonstruksi jaringan saraf juga menimbulkan efek samping lain yang membahayakan nyawa.

     

    Transplantasi organ vital seperti kornea mata, jantung, ginjal, sumsum tulang dan hati/hepar memang sudah banyak dikerjakan di seluruh dunia. Namun ternyata, transplantasi satu organ (yang mungkin lebih sederhana dibandingkan transplantasi seluruh kepala) masih mengalami persentase kegagalan yang cukup tinggi karena reaksi penolakan tubuh terhadap organ donor dan sampai saat ini terus dikembangkan penelitian Kedokteran yang lebih baik untuk mengatasi kendala-kendala prosedur transplantasi.

    Tidak ada suatu formula khusus untuk memastikan tindakan operasi/transplantasi pasti berhasil atau pasti gagal bila tindakan tersebut tidak pernah dilakukan sebelumnya, apalagi bila tidak didukung oleh penelitian ilmiah medis yang valid.

    Mengenai efek samping tindakan transplantasi, yang berlaku pada semua tindakan transplantasi organ lain adalah bahwa metode yang digunakan harus sudah memiliki dasar ilmiah medis yang mencukupi, telah diterima oleh konsensus ahli kedokteran secara internasional sehingga manfaat yang akan diterima pasien dan efek samping yang mungkin terjadi, telah diketahui dan terukur sehingga dapat direncanakan tahapan persiapan, pemilihan metode transplantasi dan perawatan paska tindakan transplantasi.

    Baca di sini mengenai Transplantasi Kepala.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.