Tanya Dokter

  • Penyebab trombosit anak tinggi dan terdapat benjolan pada leher

  • Slamat siang dr. Saya mau nanya anak saya muhammad azka umur 2thun trombosit nya tinggi 972.000 ,anak saya sakit apa ya dok ?di lehernya ada benjolan kanan kiri yg sbelah kanan ada 2 benjolan yg 1 nya kecil, saya pun sudah ronsen paru" nya ada flek nya kanan kiri ,anak saya makan nya susah, tapi ini anak memang aktiv bgt dok bener" kaya gak pnya penyakit .gmana ya dok saya bingung.

    Halo,

    Perlu Anda ketahui, trombosit merupakan salahsatu komponen darah yang berperan terutama pada proses pembekuan darah.

    Trombosit yang kadarnya sangat tinggi dapat disebabkan oleh gangguan sumsum tulang (trombositosis primer) dan dipicu oleh penyebab lainnya seperti infeksi, reaksi alergi, kekurangan zat besi dan jenis vitamin tertentu serta banyak penyebab lainnya.

    Pemeriksaan kadar trombosit merupakan salahsatu metode pemeriksaan penunjang yang dilakukan Dokter untuk menemukan penyebab dan diagnosis penyakit yang dicuriga diderita oleh seseorang. Hasil pemeriksaan penunjang harus dilihat secara menyeluruh, bersamaan dengan pemeriksaan medis yang dilakukan oleh dokter. Pemeriksaan medis yang dilakukan Dokter terdiri dari tanya jawab medis yang detail, riwayat penyakit yang pernah diderita anak di masa lalu, pemeriksaan fisik yang menyeluruh. Bila diperlukan Dokter akan melakukan jenis pemeriksaan penunjang lain yang digunakan untuk mendukung proses pemeriksaan medis.

    Benjolan di leher anak (sering disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening ) disertai pemeriksaan rontgen paru yang menunjukkan adanya kelainan (flek) sebaiknya segera dikonsultasikan kepada Dokter Spesialis Anak. Beberapa kondisi yang mungkin dialami anak Anda adalah tuberkulosis paru/kelenjar getah bening, kondisi alergi yang tidak tertangani dengan baik, infeksi gigi. Kondisi aktivitas anak yang tidak terganggu, belum tentu memastikan Ia tidak memiliki penyakit yang perlu ditangani.

    Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan medis langsung oleh Dokter.

    Sementara itu, lakukan hal berikut setiap hari untuk menjaga kesehatan anak :

    • Perhatikan pola makan, sediakan sayur dan buah, usahakan makanan mengandung gizi yang seimbang. Untuk memantau kecukupan nutrisi anak, Anda dapat memplot kurva penambahan berat badan yang tersedia dalam Kartu Menuju Sehat. Baca artikel ini mengenai pola makan anak di atas usia 1 tahun.
    • Ajak anak berolahraga secara teratur.
    • Terapkan pola hidup sehat yang konsisten.
    • Pastikan anak sudah mendapatkan imunisasi wajib secara lengkap.

     

    Selanjutnya Anda dapat membaca di sini mengenai peningkatan kadar trombosit dalam darah/Trombositosis.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.