Tanya Dokter

  • Zat kimia yang digunakan untuk mengetahui epilepsi

  •  Gekk Agunk
    Anggota

    dok saya mau tanya, apakah ada biokimia atau zat kimia tertentu yang digunakan untuk mengetahui bahwa seseorang terkena penyakit epilepsi ?

    Gekk Agunk  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Pertama, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu epilepsi (definisinya ). Epilepsi adalah suatu keadaan yang ditandai oleh bangkitan epilepsi berulang berselang lebih dari 24 jam yang timbul tanpa provokasi. Yang dimaksudkan dengan bangkitan epilepsi (epilepsy seizure) adalah suatu manifestasi klinis yang disebabkan oleh aktivitas listrik otak abnormal dan berlebihan yang dihasilkan oleh sekelompok neuron / sel saraf otak. Diagnosa epilepsi cukup ditegakkan dengan dasar adanya bangkitan epilepsi berulang (minimal 2 kali) tanpa provokasi  dengan atau tanpa adanya gambaran epileptiform pada EEG (rekam otak). Jadi selain dari wawancara medis dan pemeriksaan fisik  dan neurologik umum, maka beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan :

    • EEG / electroencephalography (rekam otak), merupakan modalitas yang paling berguna dalam membantu diagnosa epilepsi
    • CT scan dan MRI
    • Pemeriksaan lab : darah lengkap termasuk apusan darah tepi, elektrolit, kadar gula, fungsi liver dan ginjal yang dilakukan diawal pengobatan , beberapa bulan kemudian. Diulang jika gejala klinik muncul dan setahun sekali. Sifatnya lebih kepada untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya dan pemantauan efek samping obat
    • Lumbal pungsi atas indikasi jika seandainya dicurigai terdapat meningitis atau encephalitis
    • Pemeriksaan kadar obat antiepilepsi
    • Kadar prolaktin, jarang dilakukan. Tetapi jika diambil dalam waktu 20 menit setelah kejang maka dapat digunakan untuk menilai etiologi suatu bangkitan (epileptik atau non-epileptik). Berguna juga untuk membedakan kejang tonik klonik  / parsial kompleks dari kejang psikogenik non epileptik pada dewasa dan anak yang sudah cukup besar.
    epilepsi demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.