Tanya Dokter

  • Nyeri pada ulu hati disertai perut kembung

  •  Dany Fahreza
    Anggota
    Selamat pagi dokter, saya ada keluhan berupa nyeri dibagian ulu hati, sudah 3 hari belum hilang, nyeri nya berasa hingga ke pinggang bagian belakang. Lalu saya juga mengalami kesulitan buang air besar. Perut kembung. apakah saya terkena tukak lambung dok? Dan bagaimana cara untuk mengurangi rasa sakitnya agar saya dapat beraktifitas?

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Nyeri pada ulu hati yang disertai perut kembung kemungkinan disebabkan oleh adanya penumpukan gas lambung ataupun gas usus. Adapun penyebab yang dapat mendasari keluhan tsb adalah :

    • Refluks asam lambung (kondisi dimana asam lambung beserta isinya naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi serta rasa asam di mulut dan juga nyeri di ulu hati).
    • Gastritis atau maag (peradangan pada dinding lambung yang terjadi karena asam lambung dan menyebabkan gejala nyeri pada perut bagian kiri atas, mudah kenyang, mual, dan muntah).
    • Dispepsia (kumpulan gejala atau rasa tidak nyaman yang muncul pada perut bagian atas. Gejalanya mirip dengan gastritis, yaitu mudah terasa kenyang setelah makan, rasa tidak nyaman di perut, nyeri ulu hati, dan lain-lain)
    • Tukak lambung atau adanya perlukaan pada dinding mukosa lambung
    • Dehidrasi atau kurang minum
    • Stress psikis

    Untuk menegakkan diagnosis pasti disarankan agar anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika perlu. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan darah, usg, endoskopi saluran cerna bagian atas, dan lain sebagainya. Kemudian, penanganan yang tepat akan dapat diberikan. Hal berikut dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala, yaitu :

    • Konsumsi obat lambung
    • Makan makanan yang bergizi dan teratur (disarankan untuk makan 3 kali sehari dengan snack 2 kali)
    • Kurangi konsumsi makanan yang pedas dan asam
    • Hindari langsung berbaring setelah makan, beri selang waktu kurang lebih 30 menit.
    • Banyak minum air putih
    • Istirahat yang cukup
    • Hindari faktor penyebab stress
    • Kurangi konsumsi kopi, teh, maupun alkohol
    • Tidak merokok

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti