Tanya Dokter

  • Tulang belakang terasa jika dipegang saat membungkukan badan

  • dok, saya usia 14 tahun ingin bertanya. Mengapa tulang belakang saya terasa jika dipegang saat membungkukkan badan. Dan ketika berbaring sekitar 10 menit seperti ada sensasi dingin?

    Halo, Timothy. Tulang belakang disebut juga dengan vertebrae. Vertebrae merupakan susunan tulang yang menyusun tulang punggung manusia dan memberikan bentuk pada tubuh manusia. Bagian tulang belakang yang dapat teraba adalah tonjolan dari tulang belakang yang disebut dengan procesus spinosus. Pada saat duduk tegak atau saat membungkukkan badan procesus spinosus yang dapat teraba dan terlihat menonjol adalah bagian leher bawah yaitu tulang vertebra cervical ke-7. Hal ini merupakan normal dan bukan suatu penyakit. Selain itu saat membungkukkan badan maka kelengkungan tulang juga akan bertambah sehingga dapat teraba. 

    Saat kita berbaring kulit kita dapat merasakan suatu sensasi (sentuhan, hangat, dingin, dan lainnya) karena ada sistem saraf yang berfungsi merasakan hal-hal tersebut dan dikirimkan ke otak. Selain itu aliran darah pada daerah tulang belakang akan menjadi lebih lancar. Namun untuk memastikan apakah adanya kelainan atau tidak pada tulang belakang, dimana keluhan yang Anda rasakan teraba adanya benjolan maka sebaiknya periksakan langsung pada dokter. Bila perlu maka dokter akan menganjurkan untuk dilakukan pemeriksaan foto rontgen untuk melihatapakah terdapat kelaianan pada tulang belakang

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S