Tanya Dokter

  • sakit leher disertai demam dan perut kembung

  •  Tjach Anyar
    Anggota
    Selamat malam , Dok Saya 2 hari lalu sakit leher nggak bisa nengok kearah mana saja. Disertai dengan peningkatan demam. Selang beberapa jam setelah minum obat demam hilang & masih sakit leher. Beberapa menit lagi saya makan pepaya semangka kue karamel dan minum Pepsi. Terus selang beberapa jam badan sakit seperti awal ditambah perut kembung. Saya minta sarannya ya Dok. Terimakasih ya Dok, selamat malam.

    Halo Tjach......

    Terimkasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa apabila kita fokuskan kepada keluhan utama Anda yaitu berupa rasa sakit pada leher, sebenarnya hal ini merupakan suatu masalah yang umum dapat terjadi pada siapapun. Kondisi ini biasanya akan membaik dalam beberapa hari.

    Kondisi yang sering menimbulkan masalah ini dalam bahasa medis disebut sebagai tortikolis, dimana hal ini berupa kondisi leher kaku yang biasanya timbul pada saat setelah bangun tidur ataupun karena setelah membawa beban atau tas pada salah satu sisi lengan.

    Selain dari hal yang telah disebutkan diatas, kondisi lainnya yang dapat menyebabkan leher sakit diantaranya adalah : saraf terjepit === terjadi ketika diskus atau celah antar tulang mulai kehilangan kandungan air --- tidak lentur dan akhirnya robek atau bergeser, Cedera pada leher === whiplash, Penyempitan saraf tulang belakang, meningitis, flu, rheumatoid arthritis, dll.

    Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : konsumsi obat pereda rasa sakit misalnya ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda, usahakan memposisikan leher dalam postur yang alami === gunakan bantal yang keras dan rendah pada saat tidur, lakukan latuhan untuk leher, kompres leher dengan air hangat, hindarilah beraktivitas yang menggunakan banyak gerakan leher, jaga selalu postur leher yang baik.

    Jika setelah melakukan cara - cara diatas kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Saraf / Neurologi agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    SAKIT PADA LEHER

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati