Tanya Dokter

  • tulang betis patah

  •  adeim
    Anggota

    Malam dok sy mw tny kalo tulang betis yg patah tidak menyambung efek kedepany gmn y? Sy dlu wktu umur kira2 16th mnglmi kecelakaan mtor mengakibatkan tulang betis kaki knn patah bagian dket mata kaki, stlh drawat kata dokter tdk usah di gip/di plat baut nti jg nymbung sendiri stlh rwtn 4bln serpihan retakan2 jd nyatu 5bln sy rwt jln sering kontrol stlh 7-8bln sy gk prnh kontrol lg smpe bbrp thn skrng umur sy 25thn, 6bln yg lalu sy cb kontrol stlh dronsen tulangy gk nymbung, memang si trasa kdg2 senut2 tp jln lari loncat2 normal tdk da mslh stlh tu kta dokterny klo tdk da mslh y gk pa2.

    Terimakasih

    Hai Pada dasarnya bila kedua permukaan patahan tulang menempel satu sama lain maka tulang akan dapat menyambung dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa bulan. Yang perlu diperhatikan adalah apakah adanya pergeseran pada patahan tulang sehingga menyebabkan:

    • Penyambungan tulang tidak dalam posisi yang tidak benar, sehingga tulang menjadi lebih pendek atau bengkok
    • Pergeseran sehingga kedua permukaan patahan tulang menjadi jauh mengakibatkan penyambungan tulang menjadi sulit.
    Bila terjadi pergeseran yang telah disebutkan diatas maka dipertimbangkan untuk dilakukan tindakan operasi untuk memperbaiki posisi patahan tulang ke posisi yang normal sehingga penyambungan tulang menjadi normal kembali. Kemungkinan posisi patahan tulang Anda dalam keadaan yang normal sehingga dengan nutrisi yang baik serta mengingat usia Anda yang masih sangat muda, tulang dibiarkan menyambung dengan sendirinya. Bila setelah beberapa tahun tulang Anda belum menyambung, maka kemungkinan masih terlihat tulang yang membengkok,  sulit digerakan dan tidak dapat berlari secara normal. Untuk pastinya perlu dikonfirmasi melalui pemeriksaan foto ronsen. Konsultasikan langsung pada dokter yang merawat Anda. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Patah pergelangan kaki. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william