Tanya Dokter

  • Tulang kemaluan merenggang sehabis melahirkan

  •  Chicaamelia
    Anggota

    Halo dok. Kaka saya habis melahirkan dok, melahirkannya normal. Tapi sehabis melahirkan kaka saya sakit saat mealngkah, dan kata dokter yang menangani nya tulang kemaluannya merenggang. Yang mau saya tanyakan adalah bagaimana cara memulihkan tulangnya kembali?

    Terimakasih

    Chicaamelia  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Pada saat seseorang hamil, dan terutama mendekati akhir kehamilan menjelang persalinan maka tubuhnya akan meproduksi suatu jenis hormon yang disebut sebagai hormon relaksin. Salah satu efek hormon ini adalah melonggarkan persendian dan ligamen (urat-urat) sehingga mampu merekspansi saat dilewati oleh janin. Akan tetapi, akibatnya bumil sering merasakan pegal-pegal. Demikian pula setelah melahirkan, efek dari hormon, cedere pada jaringan lunak saat melahirkan, serta perubahan-perubahan lainnya dapat dan sangat wajar jika kemudian mengalami beberapa keluhan seperti yang Anda sampaikan. Biasanya keluhan-keluhan semacam itu akan menghilang dalam waktu kira-kira 6 minggu atau sampai masa nifas berakhir, karena masa nifas adalah waktu yang diperlukan tubuh untuk kembali ke kondisi seperti semula sebelum kehamilan. Beberapa hal perlu tettap dilakukan :

    • Istirahat cukup dan makan makana bergizi
    • Tetap aktif bergerak
    • Jika nyeri mengganggu maka anti nyeri seperti parasetamol dapat digunakan untuk meredakan nyeri (karena aman untuk menyusui).
    perubahan tubuh wanita setelah melahirkan Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.  

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.