Tanya Dokter

  • Sendi lutut selalu berbunyi saat ditekuk

  • Dok,kenapa ya setiap saya sholat dan bersujud tulang lutut kaki saya selalu bunyi swperti pergeseran tulang gitu dok,padhal umur saya masih 18 thun .tpi kenapa ya dok kok bisa bunyi setiap buat bersujud?

    Selamat malam, Valeriel. Terima kasih atas pertanyaan Anda

    Sebelumnya apakah Anda pernah mengalami benturan sebelumnya ? Adakah keluhan yang Anda rasakan dialami juga pada sendi lainnya ? Berapakah berat badan Anda ?

    Sendi lutut termasuk organ yang rentan mengalami kerusakan dan nyeri, karena fungsinya dalam menopang berat tubuh, terutama pada saat seseorang melompat atau berlari. Lutut sendiri terdiri dari otot, tulang, kapsul tulang rawan, bantalan tulang (meniscus), serta ligament (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang) dan tendon (jaringan yang menghubungan tulang dengan otot) dan saraf. Bila timbul gangguan atau kelainan pada salah satu bagian ini dapat menyebabkan gangguan pergerakan lutut maupun timbul bunyi saat lutut bergerak

     

    Penyebab sendi berbunyi diantaranya yaitu:

    ·         Terlepasnya udara yang terperangkap dalam cairan sendi secara tiba-tiba. Gerakan saat berjalan dapat menyebabkan gelembung udara terlepas sehingga akan menimbulkan bunyi.

    ·         Ligamen penyambung tulang menegang saat tertekan

    ·         Usia bertambah tua sehingga jaringan tulang rawan menjadi tidak rata dan menimbulkan bunyi ketika tertekan dan bergesekan

    ·         Kondisi medis tertentu: osteoarthritisrheumatoid arthritis, osteofit, trauma / cedera, dll. Hal ini sering disertai dengan nyeri / rasa sakit saat digerakkan.

     

    Berdasarkan hal tersebut, banyak penyebab dari keluhan Anda. Untuk memastikan keluhan Anda maka saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis ortopedi kita tidak dapat menyimpulkan penyakit Anda bila tidak dilakukan pemeriksaan. Dokter yang akan memeriksa Anda pasti akan menanyakan keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan darah (serologi darah), melakukan rontgen pada lutut Anda, MRI atau bahkan biopsy dan athroscopy (teropong sendi).

    Pengobatan yang dilakukan tergantung penyebab dan derajat dari keluhan Anda. Berikut ini anjuran yang dapat dilakukan:

    ·         Kurangi kegiatan yang membuat lutut bekerja lebih ekstra seperti berlari atau berdiri terlalu lama, naik-turun tangga

    ·         Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tinggi.

    ·         Turunkan berat badan yang berlebihan

    ·         Bila lutut terasa ngilu atau nyeri istirahatkan kaki agar lutut terhindar dari tekanan

     

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Dian