Tanya Dokter

  • Cara mengatasi rasa sakit pada tulang lipat paha

  •  asysyam
    Anggota

    Dok saya mau nanya setelah olah raga tulang selangka saya sakit, tidak sampai bengkak  dan tidak sakit banget sih tapi cenut-cenut, cukup mengganggu, sudah satu minggu lebih.  sy jadi susah kalau mau ngegym lagi.  Kira2 diobati pake obat apa ya biar sembuh ?

    asysyam  asysyam
    Anggota

    Dok saya mau nanya setelah olah raga tulang selangka saya sakit, tidak sampai bengkak dan tidak sakit banget sih tapi cenut-cenut, cukup mengganggu, sudah satu minggu lebih. sy jadi susah kalau mau ngegym lagi. Kira2 diobati pake obat apa ya biar sembuh ?

    Halo,   Tulang selangka yang sakit sehabis beraktivitas bisa diakibatkan karena :

    1. kurangnya pemanasan sebelum aktivitas,
    2. Terlalu beraktivitas berat dengan menggunakan otot daerah selangka ( mengangkat beban dll)
    3. Cedera otot / tulang.
    4. Patah tulang selangka
    5. dll.
    Anda bisa melakukan pertolongan pertama pada bagian yang nyeri dengan melakukan tindakan RICE yaitu :
    1. R = Rest = istirahatkan bagian yang terasa nyeri, hindari mengangkat barang berat dengan menggunakan tanagn daerah selangka yang sakit.
    2. I = Ice = Kompres dingin bagian yang sakit
    3. C = Compress = lakukan pemasangan bidai / verband elastis untuk mengisitrahatkan bagian yang nyeri.
    4. E = Elevasi = posisikan bagian yang nyeri sedikit lebih tinggi.
    Anda juga bisa meminum obat pereda nyeri jika drasa sangat menganggu aktivitas Anda. Jika nyeri tidak berkurang  > 3 hari maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis ortopedi untuk pemeriksaan yang lebih optimal. Dengan pemeriksaan seperti EMG, Rontgen dll bisa diketahui penyebab keluhan Anda dan diberikan pengobatan yang sesuai. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    asysyam  asysyam
    Anggota

    Berarti sementara sy tidak boleh ngegym dulu ya ? Obat pereda nyeri seperti apa dok yang cocok ?

    Halo,   Anda masih bisa melakukan aktivitas gym selama tidak menggunakan atau melatih daerah tulang selangka Anda, Anda bisa melakukan treadmill, sepeda statis dll yang tidak menggunakan tulang selangkan Anda yang nyeri. Namun jika Anda seorang pelatih trainer pribadi maka sangat disarankan untuk tidak melakukan gym terlebih dahulu. Obat pereda nyeri yang bisa Anda minum adalah paracetamol, ibuprofen, aspirin , natrium diklofenak dll. Jika nyeri tidak berkurang sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri lebih lanjut secara langsung.   Dr. Yusi