Tanya Dokter

  • tulang selangka tumpang tindih

  •  Putry Reog
    Anggota

    slmat pgi dok.. saya sdah 2 bln mngalami patah tulang selangka kanan. dan sekarang tulang saya tumpah tindih . apa yang harus saya lkukan apa perlu oprasi... karna bahu knan saya mnjadi sempit masok. sekarang bahu kanan dan kiri tidak sama apa yang perlu dilakukan

    Putry Reog  dr. Danny
    Dokter

    Hai... Patah tulang selangka atau fraktur clavicula adalah cedera yang terjadi biasanya setelah terjatuh atau tabrakan dengan bertumpu pada bahu, atau dapat juga terjadi bila bertumpu pada tangan atau lengan.  Tanda patah tulang :

    • terdapat bentuk yang abnormal pada tulang atau daerah trauma
    • kesulitan menggerakkan anggota gerak yang diduga mengalami patah tulang (pada kasus fraktur clavicula yauitu kesulitan menggerakkan bahu dan lengan)
    • rasanyeri yang tidak tertahankan
    Untuk mendiagnosis patah tulang dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dan haraus dipastikan dengan melakukan foto Rontgen. Penanganan pertama patah tulang selangka dengan menggunakan penyangga lengan atau sling, obat pereda sakit, kompres dengan es untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan. Penanganan bisa hanya dengan penyangga lengan atau sling jika patah tulang tidak parah atau hanya retak dan masih tersambung, jika patah tulang yang parah atau tulang terpisah atau tulang tumpang tindih atau retak patahan tulang hancur penanganan dengan operasi. Operasi dilakukan oleh dokter bedah atau dokter bedah tulang. Untuk jangka waktu 2 bulan setelah patah tulang sudah agak terlambat dapat terjadi :
    • pertumbuhan tulang yang salah srehingga bentuknya jadi abnormal (malunion)
    • tulang tidak menyambung
    • infeksi tulang
    Anda sebaiknya mengunjungi dokter bedah tulang langsung untuk segera mendapat penanganan yang tepat sebelum terjadi komplikasi dan masalah lain akibat terlambat melakukan pengobatan.  Karena hal terbaik untuk dilakukan pada patah tulang yang tumpang tindih adalah dengan operasai penyambungan tulang. baca hal terkait patah tulang selangka semoga bermanfaat, terimakasih dr. Danny