Tanya Dokter

  • Telinga nyeri serta mengeluarkan cairan dan ada benjolan didalam telinga

  •  Ikanuraini
    Anggota
    Mlm dok saya mau tanya.telinga sata sakit nyut2an.kyknya karna kotoran yg mengeras.kudian sy tetesi dng obat ear oil.alhamdulillah g nyut2an lg.tp efeknya sering keluar cairan kotoran telinga warna kuning.lama2 dibersihin.ko ada semacam daging trus berdarah telinganya.disenter sama orang terdekat saya katanya kelihatan kyk ada berwarna merah.kira2 jd bahaya g y terhadap janin saya.saya sedang hamil 7bln.trimakasih

    Hai Ikanuraini,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Telinga yang terasa nyeri dan mengeluarkan cairan berlebihan berwarna kekuningan menandakan adanya peradangan (inflamasi). Penyebab tersering dari inflamasi ini adalah infeksi, baik pada telinga luar (otitis eksterna) ataupun telinga tengah (otitis media).

    Benjolan menyerupai daging yang tumbuh setelah inflamasi di telinga kemungkinan disebabkan oleh:

    • Kolesteatoma (pertumbuhan kulit berlebih akibat peradangan yang terjadi dalam waktu lama)
    • Abses atau nodula (benjolan berisi nanah)
    • Folikulitis (infeksi akar rambut)
    • Tumor, bisa jinak atau ganas, dan sebagainya

    Berbagai kondisi di atas ada yang bersifat ringan ataupun berbahaya. Namun, mengingat riwayat gejala peradangan yang Anda alami sebelumnya, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis THT ya.. Karena, dikhawatirkan benjolan muncul berkaitan dengan infeksi dan bakteri penyebab infeksinya bisa menyebar ke organ yang jauh apabila tidak ditangani dengan tepat. Bukan tidak mungkin, penyebaran ini bisa mencapai tulang mastoid (tulang belakang telinga) atau bahkan ke otak.

    Selain melakukan pemeriksaan fisik menggunakan bantuan otoskop, dokter mungkin juga akan melakukan pemeriksaan biopsi untuk menilai sel penyusun benjolannya. Selanjutnya, penanganan bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan untuk mengatasi radang dan infeksinya, ekstraksi cerumen (kotoran telinga), atau juga pembedahan guna mengangkat benjolan di dalam telinga Anda.

    Bahaya atau tidak kondisi yang Anda alami hanya bisa ditentukan setelah diagnosis ditegakkan. Karenanya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa Anda ya..

    Sementara waktu, sebaiknya hindari mengorek-ngorek telinga secara berlebihan, apalagi sampai memanipulasi benjolan yang muncul. Selain itu, jaga juga telinga agar senantiasa kering. Anda bisa mengeringkannya menggunakan handuk bersih setiap habis mandi dan berenang.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah