Tanya Dokter

  • Tumbuh gigi geraham disertai nyeri

  •  Gek Yah
    Anggota
    Dok saya lgi tumbuh gigi geraham bwah sikitar 8 at 9 bln yg lalu tapi kok hampir stiap bulan psti sakitnya kumat disertakan pipi bengkak ya? Saya sdah prnah konsultasi kdokter tp kta dokter tdk apa" cm tumbuh gigi geraham ktanya,apa krna bru muncul stengah ya dok?

    Halo, 

    Mungkin yang Anda maksudkan adalah tumbuhnya gigi bungsu (gigi geraham paling belakang). Gigi bungsu umumnya tumbuh 17-21 tahun, bisa lebih cepat maupun lebih lambat. Karena tumbuhnya terakhir, gigi bungsu seringkali mengalami gangguan saat tumbuh, misalnya tumbuh miring/salah arah, terhambat, tempatnya tidak cukup, dan lain sebagainya sehingga memerlukan penanganan. Terhambatnya bakal gigi untuk tumbuh/keluar dengan normal disebut impaksi. Impaksi ini dapat menimbulkan gejala nyeri, pusing/sakit kepala, dan bila terinfeksi bisa menyebabkan gigi/jaringan di sekitar gigi bernanah, nyeri dan terjadi pembengkakan.

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, Anda harus memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa Anda dan kemudian menentukan penanganan yang sesuai untuk Anda. 

    Salam, 

    dr. Mega