Tanya Dokter

  • Tumbuh Kembang Anak Autis

  •  Regina Bilqis
    Anggota

    saya ingin bertanya dok, bagaimana penderita autisme ketika sudah dewasa?

    baik sudah ditangani medis dari sejak terdeteksi, terlambat ataupun tidak terdeteksi.

    apakah ada gejala2 abnormal ketika dewasa? trmakasih..

    Hai, Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan masalah perkembangan yang mempengaruhi interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku. Gejala-gejala yang dialami oleh seorang penderita Autisme berapaun usianya secara umum dapat dibagi menjadi 2 kategori besar :

    • Gejala dalam komunikasi dan interaksi sosial - seperti perkembangan bicara yang lamban, tidak peka terhadap perasaan orang lain, tidak menggunakan ekspresi dan gestur saat berbicara, tidak merespon saat namanya dipanggil, tidak memahami interaksi sosial yang umum, dan lainnya
    • Gejala dalam pola perilaku - seperti lebih suka rutinitas yang familiar, tidak bisa diam, melakukan gerakan repetitif, intensitas fokus yang berlebihan pada satu kegiatan, dan lainnya.
    Autisme bukanlah suatu penyakit yang dapat disembuhkan. Namun, ada banyak program penanganan bagi penderita autisme agar dapat meningkatkan kemampuan dirinya. Program penanganan tersebut akan mempunyai efek yang berbeda dalam mempengaruhi perkembangan bagi satu anak dan anak lainnya hingga dewasa, karena setiap anak dengan autisme memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk tumbuh. Program penanganan pada penderita autisme secara garis besar meliputi :
    1. terapi wicara - untuk membantu memperbaiki interaksi sosial
    2. terapi okupasi - membantu perkembangan motorik halus
    3. terapi perilaku - menemukan latar belakang perilaku sensitif dan memberikan solusi
    4. terapi pendidikan
    Untuk membaca mengenai cara mendampingi anak dengan autisme anda dapat membuka halaman berikut : Mendampingi Anak dengan Autisme   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    saya kurang mendapat penjelasan