Tanya Dokter

  • tumbuh kembang anak usia 4 tahun

  •  momyens
    Anggota

    Dok, tinggi saya 145cm bb 40kg, suami saya tinggi 172cm bb 60kg apakah anak saya bisa tumbuh normal nantinya jika bulan juli nanti usianya 4th, skarang bb 11kg. anak saya jarang sakit & sangat aktif. suka minum susu dancow  tapi susah diajak makan, kalupun mau menunya hanya telur rebus & bihun. Dalam sehari palingan hanya makn 4sendok makn. Pdhal sudah mlakukan berbagai upaya seperti makan sambil jalan2/bermain/nonton, diberi minyak ikan/vitamin (sakatonik abc, vegeblend, scott emultion, obat herbal). Apa yang harus saya lakukan?

    Terima kasih Momyens atas pertanyaannya.

    Jika dilihat dari usianya, memang berat badan anak Anda masih kurang. Namun, dibandingkan melihat berat badan terhadap usia, lebih baik jika dilihat juga perbandingan antara tinggi badan dan berat badan. Beberapa hal yang penting diperhatikan:

    1. Tinggi badan dan berat badan anak selalu naik

    2. Tidak ada penyakit-penyakit tertentu, seperti demam, batuk lama, dan lainnya

    3. Anak masih mau makan dan minum

    4. Anak aktif

    5. Tidak ada gangguan perkembangan seperti berjalan, berbicara, menggambar, dan lainnya

    Anak yang susah makan dapat disebabkan karena banyak faktor, mulai dari memang tidak suka dengan makanannya hingga adanya penyakit pada saluran cerna. Jika memang Anda tidak menemukan hal-hal yang saya sebutkan di atas, maka nampaknya Anda tidak perlu khawatir.

    Jika Anda ragu, Anda dapat membawanya ke dokter khususnya dokter spesialis anak. Terkadang cacingan juga dapat menyebabkan berat badan yang tidak kunjung naik meskipun sudah makan secara normal. Selain itu, kecepatan pertumbuhan anak juga berbeda-beda.

    Yang terpenting adalah tetap memberinya kecukupan nutrisi yang baik mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, serta tambahan vitamin (seperti yang telah Anda lakukan). Anda juga perlu memperhatikan apakah BAB nya normal atau tidak.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Cara menghadapi anak sulit makan

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya