Tanya Dokter

  • Nyeri pada gusi, akibat gigi geraham tumbuh

  • selamat siang dok, mau menanyakan sudah beberapa minggu ini saya mengalami nyeri dibagian gusi, kepala juga pusing, agak sulit makan ternyata gigi geraham bungsu saya tumbuh, sebetulnya saya sempet kaget kenapa diusia saya yng 29 th masih bisa tumbuh gigi. saya sudah periksakan ke dokter gigi dan diberi obat pereda nyeri dan parasetamol untuk saya minum 4 hari setelah obat habis saya disarankan untuk rontgen gigi untuk mengetahui posisi gerahamnya tumbuh normal atau tidak. permasalahannya dok, apakah bisa kalau saja gigi geraham bungsu saya pertahankan dan biarkan tumbuh normal dengan memakai behel gigi untuk menggantikan posisi gigi geraham depan yang sudah tertambal...??

    Halo Ike......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya, saran yang diberikan dokter gigi berupa rontgen gigi, ditujukan untuk melihat gigi geraham bungsu apakah impaksi atau tidak. Impaksi sebenarnya bisa terjadi pada bagian gigi lainnya. Namun, karena gigi geraham merupakan bagian dari gigi yang tumbuh terakhir, maka kasus impaksi lebih sering terjadi pada gigi geraham ( khususnya gigi geraham bungsu ).

    Impaksi terjadi ketika gigi tidak tumbuh dengan sempurna, karena adanya penghalang dari gigi lainnya. Impaksi juga bisa terjadi karena adanya ketidakcocokan antara ukuran rahang dan ukuran gigi. Impaksi pada gigi geraham dapat menyebabkan Gusi membengkak yang disertai rasa sakit. Hal ini terjadi karena pada gigi geraham bungsu yang mengalami impaksi, kuman dapat masuk ke dalam sehingga menyebabkan infeksi.

    Mengatasi masalah gigi geraham atau geraham bungsu yang mengalami impaksi dapat dilakukan dengan pemberian Antibiotic, sampai dengan mengangkat gigi geraham bungsu ( dengan melakukan operasi pada bagian Gusi ).

    Oleh karena itu kami menyarankan untuk mendiskusikan masalah ini kembali kepada dokter gigi yang telah menangani Anda, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GIGI GERAHAM BUNGSU

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati