Tanya Dokter

  • Tumor dileher sebelah kanan

  •  Poy Ipoy
    Anggota
    Slamat sore dok, teman saya sakit tumor dileher smpai saat ini sudah brobat smpai tahap biopsi dan sekarang dirujuk kerumah sakit lain untuk melakukan kemo. Apakah penyakit ini termasuk penyakit yg sangat serius dok? Apa bisa sembuh dan kempes kembali lehernya dok?? Smoga dokter mngerti maksd pertanyaan sya,terimakasih..

    Halo Poy Ipoy,

    Tumor adalah pertumbuhan sel yang abnormal yang kemudian menyebabkan terbentuknya massa/benjolan. Tumor ada yang bersifat jinak, ada juga yang bersifat ganas atau yang biasa disebut kanker. Perbedaan tumor jinak dan ganas adalah pada tumor jinak sel yang tumbuh tidak terlalu berbeda dengan sel asalnya, tidak merusak jaringan sekitarnya juga tidak menyebar. Sedangkan tumor ganas selnya tumbuhnya tidak terkendali, bisa sangat berbeda dari sel asalnya (tidak berdiferensiasi) bisa menyebar baik ke sekitarnya langsung ataupun melalui pembuluh darah dan pembuluh limfe, juga bisa merusak organ yang terkena. 

    Tumor pada daerah leher banyak jenisnya, bisa berasal dari kelenjar tiroid, kelenjar getah bening, kelenjar ludah, otot, kulit, lemak, laring, dan lain sebagainya. Setiap tumor memiliki prognosis (kemungkinan sembuh) yang berbeda-beda, selain tergantung jinak dan ganasnya, juga jika ganas/kanker maka kesembuhan juga tergantung stadiumnya. Biasanya jika terdapat benjolan yang tidak diketahui sebabnya, dokter akan menyarankan pemeriksaan biopsi untuk mengetahui sifat tumor dan asal tumor. 

    Kemoterapi adalah pengobatan  untuk menghancurkan/menghentikan perkembangan sel-sel kanker. Kemungkinan yang teman Anda derita adalah tumor yang bersifat ganas/kanker, walaupun belum jelas organ apa tepatnya yang terkena. Mengenai serius atau tidaknya dan kemungkinan sembuh teman Anda tersebut, perlu evaluasi lebih lanjut. Dokter teman Anda yang memeriksalah yang paling mengetahui hal ini.

     

    Semoga membantu ya, 

    dr. Mega