Tanya Dokter

  • Pengobatan fibroadenoma yang kambuh kembali

  •  Rohma Dewi
    Anggota
    Assalamualikum, dok saya umur 23 tahun ingin tanya setahun yg lalu saya sudah melakukan operasi pengangkatan tumor dipayudara sebelah kiri saya kmren tumornya ada dua sebesar bakso hasil PAnya menyatakan tumor jinak (FAM) nah baru2 ini saya merasakan tumor tersebut muncul kembali ciri2nya hampir sama dengan tumor pertama besarnya sekitar biji kelereng letak agak dibawah dri tumor yg sudah diangkt kemren,ada tidak pengobatanya selain operasi dok ? Baru setahun dioperasi dok, menghilangkan tumor tanpa operasi dan kira2 itu fam berbahaya tidak dok, bantuk jawab ya dok, terimakasih

    Wa'alaikumsalam wr wb

    Halo

    FAM memang ada kemungkinan untuk muncul kembali meskipun telah dioperasi. Jika ukurannya kecil dan tidak ada keluhan lain maka tidak perlu terapi khusus karena diharapkan benjolan akan hilang dengan sendirinya. Namun apabila ukurannya lebih besar tetap diperlukan operasi untuk mengangkatnya. Biasanya dokter bedah akan menjadwalkan operasi pengangkatan agak berjarak dari operasi sebelumnya, tentu semuanya atas pertimbangan medis.

    FAM sering dialami oleh wanita usia 20-30 tahunan. FAM termasuk tumor jinak payudara dan penyebabnya kemungkinan karena faktor hormonal. Anda tidak perlu khawatir sebab FAM tidak akan berubah menjadi ganas. Jika terjadi keganasan maka memang dari awal benjolan tersebut adalah suatu kanker.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil