Tanya Dokter

  • Tumor Mandibula

  •  Choirul165
    Anggota
    Selamat siang dok, saya Choirul. Saya di diagnosis dokter bedah mulut RSUP Fatmawati dengan Tumor Mandibula. Saya saat ini masih menjalani kontrol di Spesialis penyakit dalam di RSUP Fatmawati untuk tahap Operasi. Awalnya benjolan saya kecil, tidak besar & tidak terasa sakit. Namun semenjak tindakan dari dokter bedah mulut yg mengambil cairan dalam benjolan saya menggunakan jarum suntik ( mengetahui isi dari benjolan). Hingga kini ukurannya semakin besar & sering terasa nyeri. Apakah ini karena tindakan tersebut? & Apakah berbahaya? Mengingat tahapan operasi di RSUP Fatmawati masih cukup lama.Tindakan dari dokter bedah mulut tgl 30 Januari 2017 dan sekarang tanggal 18 Febuari 2017 Terima kasih

    Selamat sore,

     

    Tumor adalah penonjolan dari suatu bagian dari tubuh yang dapat disebabkan oleh beberapa hal, dapat jinak maupun ganas. Tumor yang ganas biasa kita sebut dengan kanker.

    Kanker sendiri merupakan pertumbuhan tidak normal dari suatu jaringan karena ada kesalahan genetic di sel nya yang menyebabkan pertumbuhannya tidak terkontrol. Kanker ini bisa tumbuh di mana saja dari bagian tubuh.

     

    Pada kasus ini sebelum diambil menggunakan jarum suntik, dokter tidak bisa menentukan apakah ini jinak atau ganas, kemungkinan setelah hasil pemeriksaan yang diambil dari benjolan tersebut mengatakan ganas (Saya tidak mengetahui hasilnya) sehingga kemungkinan dokter berencana mengangkat tumor tersebut.

     

    Ciri khas kanker sendiri adalah nyeri di benjolan dan benjolan akibat kanker akan berkembang pesat, jadi perlu dilakukan tindakan segera. Mungkin dengan dijadwalkan oleh dokter bedah mulut tersebut, dokter tersebut sudah memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk mengoprasi benjolan tersebut.

     

    Saran Saya agar Anda berkonsultasi kembali dengan dokter tersebut jika nyeri yang Anda rasakan bertambah terus seiring waktu, sehingga dokter tersebut dapat memberikan Anda penghilang rasa nyeri yang lumayan kuat untuk menahan nyeri Anda sembari menunggu waktu pembedahan.

     

    Artikel terkait : kanker mulut

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat.

    Dr.Anthony