Tanya Dokter

  • Kaki lemas pada penderita tumor paru

  • Selamat pagi dokter, 

    saya ingin bertanya. orang tua saya mengalami sakit pada bagian punggung kiri dan perut bagian kiri.. indikasi awal oleh dokter spesialis penyakit dalam adalah Ginjal setelah dilakukan pengecekan BNO IVP ternyata ginjal masih normal. indikasi kedua adalah Tumor Paru dikarenakan orang tua saya perokok berat dan sejak berhenti 3 tahun lalu mulai menderita Bronkitis dan infeksi paru. kami melakukan pengecekan CT Scan Thorax Kontras dan hasilnya positif Tumor Paru. apakah tumor paru berpengaruh untuk rasa sakit di punggung kiri dan perut bagian kiri yang diderita orang tua saya dokter ? dan sudah 3 hari ini kaki orang tua saya terasa lemas tidak mampu berdiri dan berjalan.  apa itu semua berpengaruh dari tumor paru tersebut ? dan bagaimana cara pengobatannya ?

    Halo Putri,terimakasih telah berkonsultasi mengenai ayah anda. Jadi,kanker/tumor paru adalah terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkendali di paru-paru (organ yang berfungsi untuk pernapasan). Untuk melakukan penanganan dan mengetahui prognosis (seberapa parah) kanker paru pada ayah anda,harus diketahui terlebih dahulu diagnosis kanker paru yang terjadi. terdapat dua macam kanker paru yaitu SCLC/small cell lung cancer dan NSCLC/ non small cell lung cancer. Jika ayah anda memiliki riwayat merokok berat,maka risiko untuk kanker paru akan semakin tinggi. Gejala pada kanker paru biasanya berupa:
    1. Penurunan berat badan yang berlebihan
    2. Batuk,sesak napas
    3. Nyeri ddada
    4. Lemas
    5. sakit pada seluruh badan
    6. Penurunan nafsu makan
    7. Suara serak
    8. DLL
    Gejala yang terjadi paada ayah anda dapat berupa akibat dari tumor paru ataupun tidak. jika tumor paru sudah menjadi progresif,maka dapat menyebabkan gejala seperti yang dialami. Untuk mengetahui diagnosisnya dapat berdasarkan xray,ctscan,serta biopsi pengambilan sample jaringan. Mengenai pertanyaan anda tentang pengobatannya,hal ini tergantung diagnosa kanker paru ayah anda,staging tumor,ukuran tumor,serta kesehatan ayah anda,semuanya berpengaruh terhadap pengobatan. Misalnya ukuran terlalu besar,maka akan dilakukan radioterapi terleih dahulu sebelum prosedur pembedahan. Sebaiknya mengenai hal ini,anda langsung berkonsultasi ke dokter bedah umum atau dokter bedah onkologi yang berkaitan,untuk berkomunikasi mengenai penanganan ayah anda. Semoga bermanfaat,salam dr. Celleen