Tanya Dokter

  • Peluang keberhasilan kemoterapi tumor otak

  • Selamat malam Dokter, Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan. Dokter saya ingin mnanyakan tentang kondisi ayah saya: Dari hasi scan kontras ayah saya terindikasi ada tumor otak di bagian kepala sebelah kanan, dan paruparu sebelah kanan dekat lengan. Apakah benar bisa jika tumor yg diparu sebagai induk menyebar kebagian otak sebelah kanan? Jika benar, apakah saat di lakukakn tindakan di bagian paruparu yg berada di otak juga bisa mengecil atau menghilang? Ayah saya akan di rujuk ke RS persahabatan jakarta. Kata dokter tumor di paru sudah tidak dapat diangkat, jadi hanya bisa di biopsi dan dilakukan kemotherapy atau radiasi. Apakah biopsi aman dilakukan? Jarak berapa lama yg aman setelah biopsi dilakukan tindakan, karena saya dengar info saat di lakukan biopsi maka akan menyebabkan penyebaran yg lebih cepat? Seberapa besar kemungkinan berhasil dilakukan kemo atau radiasi? Biasa pasien bisa bertahan berpa lama setelah dilakukan tindakan? Mohon pencerahan dari dokter sebagai ahlinya, karena saya orang awam mengenai hal ini. Terima kasih
    Frenky Andrianto  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Frenky,

    Tumor merupakan benjolan atau massa yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh. Tumor sendiri merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk kondisi pembesaran/massa yang jinak (tumor jinak), selain tumor jinak, pembesaran pada berbagai organ tubuh juga dapat merupakan gejala keganasan (kanker/tumor ganas). Tumor memang dapat mengalami penyebaran. Kondisi ini disebut sebagai metastasis (anak sebar) dan hanya terjadi pada kondisi keganasan/kanker.

    Massa yang disebabkan oleh anak sebar kanker tidak dapat hilang dengan sendirinya walaupun massa utama telah teratasi sehingga membutuhkan penanganan juga. Penanganan kanker sendiri umumnya dilakukan dengan kemoterapi ataupun pembedahan untuk mengangkat jaringan yang diduga kanker tersebut.

    Untuk memastikan terapi yang sesuai dengan jenis penyakit ayah Anda maka diperlukan biopsi terlebih dahulu untuk memastikan penyebab kondisi ayah Anda. Prosedur biopsi sendiri berpotensi menyebabkan efek samping baik yang ringan seperti rasa nyeri atau rasa tidak nyaman sampai dengan yang berat seperti perdarahan hebat.

    Setelah dipastikan penyebabnya maka umumnya prosedur penanganan dilakukan sesegera mungkin. Prosedur biopsi juga tidak menyebabkan penyebaran massa menjadi lebih cepat.

    Keberhasilan kemoterapi (radiasi ataupun obat-obatan sitotoksik/mematikan sel kanker) sangat bergantung jenis penyebab keluhan tersebut dan kondisi umum seseorang. Bila ayah Anda merasa ragu/khawatir mengenai prosedur medis yang akan dilakukanya maka sebaiknya ayah Anda berkonsutlasi secara langsung dengan dokter yang merawatnya agar mendapat penjelasan yang sesuai dengan kondisinya.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Tumor - Kanker/Tumor ganas

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono