Tanya Dokter

  • Solusi atasi tumor usus besar

  • Slmt siang Dok, saya mau tanya ni Dok. Orang tua (wanita) saya kena penyakit tumor usus besar (analisa awal dokter spesialis bedah rumah sakit di Kota Padang. Ukuran tumor nya berdiameter 6 cm. Tindakan dan anti biotik apa yang harus dilakukan dan diminum? Terima kasih atas saran dan solosinya Dok.

    Hai Nafri,terimakasih telah bertanya di alodokter. Pada keluhan ibu anda denga kanker usus besar,sebelumnya perlu ditegakkan diagnosis (staging,keparahan) terlebih dahulu melalui riwayat ibu anda,pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG,Ct scan,MRI,begitu diagnosis,staging dan jenis tumor tegak,biasanya saat reseksi/operasi pembedahan kolon,akan diambil sample jaringan/biopsi untuk melihat jenis sel dari tumor kolon ini. Sehingga dapat menilai tingkat keparahan,serta kemungkinannya untuk berulang dan metastase (menyebar ke organ lain). Pada tumor ini,biasanya jarang diberikan obat-obatan berupa antibiotik karena bukan kasus infeksi,tetapi pertubuhan sel di kolon yang abnormal. Kanker usus besar atau kanker kolon adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia.
    Beberapa gejala yang ditimbulkan:
    1. Darah pada feses
    2. Perubahan tekstur feses
    3. Konstipasi/diare terus menerus,menurunnya berat badan.
    4. cepat lelah dan tidak bertenaga
    5. nyeri perut
    Untuk mengetahui apakah seorang pasien menderita kanker usus besar, dokter terlebih dahulu akan menanyakan gejala-gejala yang dirasakan. serta akan dilakukan pemeriksaan penunjang lain.
    Sangat disarankan anda berkomunikasi dengan dokter spesialis bedah terkait mengenai tindakan penanganan yang harus dilakukan selanjutnya. Semoga jawaban ini bemanfaat,salam dr. Celleen