Tanya Dokter

  • Penyebab demam disertai diare

  • Dok Saya ingin bertanya Hari jumat sama mengalami diare hari sabtunya sudah sembuh lalu kemudian mlm senen saya demam sampe Selasa trus slasa mlmnya, muntah muntah Apakah itu termasuk gejala types dok?

    Selamat sore Nida Wisholic Mohini,

    Demam tidak hanya disebabkan oleh demam tifus. Demam tifus harus dipastikan dengan cek darah. Tidak bisa hanya dari gejala seperti demam dan muntah-muntah. Demam ini dapat bermacam-macam sebabnya, misalnya:

    1. ISPA: infeksi saluran pernafasan atas, biasanya disebabkan oleh virus. Waktu yang diperlukan oleh virus untuk menimbulkan gejala setelah menginfeksi tubuh adalah 2 hari. Kebanyakan penderita akan merasakan gejala-gejala pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah 2-3 hari menginfeksi tubuh manusia. 
     
    2. Demam tifus: demam ini disebabkan oleh bakteri Salmonella Tyhpi. Bakteri ini biasanya ada di makanan/minuman yang terkontaminasi/tidak bersih. Gejalanya demamnya naik turun biasanya naik saat malam hari, lidah kotor (lidah berwarna putih), gangguan pencernaan (diare/sulit BAB), dll.
     
    3. Demam berdarah: ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang menyebarkan virus dengue. Biasanya orang-orang sekitar Anda juga terkena bersamaan karena kotornya lingkungan tempat tinggal (banyak air tergenang yang menjadi sarang nyamuk). Gejalanya seperti flu, demam yang mendadak tinggi, dapat muncul bintik-bintik merah pada kulit yang tidak hilang dalam penekanan, nyeri ulu hati, dll.
     
    Sebaiknya silahkan periksakan diri Anda ke dokter karena dibutuhkan wawancara (anamnesis) yang jelas, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti cek darah agar penyebab nya dapat diketahui dengan tepat dan di terapi dengan tepat juga. Biasanya cek darah dilakukan jika demam lebih dari 3 hari agar hasilnya akurat.
     
    Untuk meringankan gejala yang tidak enak dirumah, bila demam dapat minum parasetamol, kompres dahi dengan air biasa, makan makanan yang bergizi, minum air putih 8-10 gelas perhari, minum vitamin, dan istirahat yang cukup.
     
     
    Semoga bermanfaat ya, dr. Natasha