Tanya Dokter

  • Penyakit tifus yang sering kambuh

  • siang dok,,,pada tanggal 27 maret 2015 saya dirawat di puskesmas hampir sebulan kemudian types saya kambuh...

    dan sampai saat nie types saya belon sembuh total, hingga saya merasa parno  trauma dan takut kambuh lagi,

    udh berbagai cara saat obati, baik obat2an atau pun dengan cara yang tradisional dan hingga pake doa setiap kali saya sholat sampai sholat malem pun saya kerjakan..

    obat apa lagi ya dokk,,

    Jun Berkelana II  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Typhus / demam tifoid / demam enterik merupakan suatu pemyakit infeksi yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhii (demam tifoid) dan salmonella paratyhii (demam paratifoid). Meski dulu merupakan penyakit yang sangat berbahaya (kematian 10-20%), dengan kemajuan ilmu kedokteran ,ditemukannya antibiotik, dan penanganan yang sesuai angka tersebut turun jauh hingga <1%. Penanganan utama penyakit ini adalah dengan pemberian antibiotika yang sesuai, biasanya antibiotika yang diketahui memiliki efektifitas yang tinggi terhadap penyakit ini :

    • Chloramphenicol
    • Thiamphenicol
    • Golongan quinolon
    • Golongan sefalosporin generasi III (cefixim, ceftriaxon)
    Setelah pasien selesai dirawat, biasanya perlu dipantau terhadap terjadinya relaps / kambuh atau munculnya komplikasi selama 3 bulan. Mengapa? Karena 5-10% pasien, meski telah diterapi dengan sukses menggunakan antibiotik mengalami kekambuhan, yang dapat muncul milai 1-10 minggu setelah terapi awal. kekambuhan biasanya lebih ringan gejalanya dibanding gejala awal. Ada beberapa hal yang perlu dicermati pada kasus kambuh seperti ini:
    • Apakah pemberian antibiotika sudah sesuai? terutama durasi pemberiannya?
    • Apakah anda mematuhi anjuran dokter dalam mengkonsumsi antibiotika yang diresepkan?
    Saran saya, pada kasus kambuh / relaps seperti ini, kunjungilah kembali dokter untuk menjalani pemeriksaan ulang, anda mungkin akan diminta untuk menjalani beberapa pemeriksaan laboratorium kembali untuk memastikan bahwa yang anda alami saat ini merupakan demam tifoid seperti pemeriksaan darah dan tinja. Pada kasus seperti ini umumnya memerlukan pemberian antibiotika kembali. beberapa hal yang penting untuk anda lakukan : demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.