Tanya Dokter

  • Luka bernanah pada ujung jari yang belum kunjung sembuh meski sudah diberi antibiotik dan salep

  • Mlam dok,ujung jari tengah kaki saya awalnya ada benjolan putih,didalamnya bernanah dok,pas ditusuk pake jarum besoknya terasa perih dan lukanya semakin besar dan menyebar di jari tengah kaki hingga jari tengah kaki bagian bagian bawah dok,terus kukunya jg udh gag bagus lg tumbuhnya...dulu udah sembuh dok,tp skarang kambuh lg sakitnya...gmn cara obatinnya dok ? Soalnya saya cuma minum antibiotik dan pake salep oles aja...terimakasih dokter.

    Hai Penyebab dari gejala Anda kemungkinan akibat oleh infeksi bakteri pada bawah kuku yang disebut sebagai cantengan atau paronichia. Cantengan bergejala bengkak dan nyeri pada ujung sisi jari disertai nanah. Cantengan dapat berulang kambuh dan kadang menjadi kronis. Penanganan yang dibutuhkan agar tidak kambuh kembali adalah dengan mencabut atau memotong sebagian kuku agar bisa dibersihkan jaringan bawah kuku yang terinfeksi bakteri. Untuk mencegah cantengan yang dapat Anda lakukan adalah:

    • Tidak memakai sepatu yang terlalu sempit
    • Tidak memotong kuku terlalu pendek
    • Tidak mengorek-ngorek bawah kuku.
    Untuk lebih memastikan, sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung. Diskusi mengenai cantengan pernah kami bahas sebelumnya pada komunitas ini, dan Anda dapat mengikutinya pada link berikut: Kenapa jempol kaki saya dan cara mengobatinya. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william.

    Ichon Rezkiboys  Bella Chia
    Anggota

    Hallo dok , Saya mau bertanya, saya mengalami catengan sudah lama dan tidak kunjung sembuh.. Bagaimana penanganan nya ? Apakah saya harus ke dokter ? Keadaan saya saat ini , saya sedang hamil 33 minggu .. Saya tidak berani untuk meminum antibiotik.. Bagaimana saran nya?

    Mas ichon, terus sekarang kondisinya bagaimana? Saya juga sekarang terkena penyakit itu.. pertamanya ada bintik kecil di kaki kanan jari tengah saya, seperti bernanah, terus saya coba tusuk pake jarum, dan ternyata malam bertambah besar bentuknya, dan sekarang malah menyebar. untuk dokter apa ada solusi lain?