Tanya Dokter

  • Ukuran payudara kecil dan puting belum keluar

  •  Avriani DP
    Anggota
    Halo dokter, saya berusia 19th, berat badan 43kg dgn tinggi badan 153cm. Tapi payudara saya kecil dan tetap sama seperti saat usia saya 12th. Puting pada payudara jg blm keluar. Pdhl ibu dan keluarga saya memiliki ukuran payudara yg besar. Kira-kira krn apa ya dok? Dan saya pernah mendapat info kalau minyak bulus bisa memperbesar payudara, apakah itu benar dok? Terimakasih..

    Hallo Avriani

    Terimakasih sudah bertanya pada Alodokter

    Ukuran payudara proporsional memang menjadi idaman para wanita bahkan tidak jarang wanita lebih menginginkan payudara yang besar. Namun perlu diketahui ukuran payudara seorang wanita berbeda antara wanita yang satu dengan lainnya. Pertumbuhan payudara dimulai saat seorang wanita mulai memasuki masa pubertas. Dimana pada masa pubertas terjadi perubahan hormon pada tubuh, termasuk kadar hormon esterogen yang meningkat. Pubertas ini ditandai dengan datangnya siklus menstruasi dan mulainya pertumbuhan payudara. Ukuran payudara wanita akan ditentukan oleh :

    • Genetik, ras.
    • Kandungan nutrisi yang dikonsumsi selama masa pertumbuhan. Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi.
    • Perubahan hormonal, kelenjar yang terdapat pada payudara pada masa kehamilan dan menyusui akan menyebabkan ukuran payudara membesar
    • Aktifitas fisik yang baik seperti olahraga rutin
    • Penyakit kronis
    • Stress
    • Status gizi

    Sebelumnya perlu dipastikan, apakah Anda sudah mendapatkan siklus menstruasi atau tidak, bila ya perlu dipastikan apakah siklus menstruasi Anda normal dan teratur, serta lama menstruasi Anda normal atau tidak. Beberapa wanita memang menginginkan payudara yang besar dan indah, namun yang terpenting adalah Anda memiliki payudara yang sehat. Pada kasus Anda mungkin saja payudara bukan tidak tumbuh atau membesar, namun merupakan ukurannya, yang pada tiap wanita bervariasi. Selain masalah hormonal, penyebab dari payudara yang tidak tumbuh pun dapat diakibatkan oleh cedera atau trauma yang pernah di alami di daerah dada terutama payudara. Temui Dokter Spesialis Andrologi, untuk mengkonsultasikan masalah yang Anda alami. Dokter akan memeriksa Anda, dan juga melakukan pengecekan seperti pemeriksaan darah, kadar hormon, CT-scan, dan lainnya Berikut link yang berhubungan :

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat