Tanya Dokter

  • Ulu hati yang terasa tidak nyaman

  • dokter yang terhormat,saya ibu rumah tangga usia 50 tahun,saya mengalami sakit gigi,lalu saya minum puyer Bintang Toejoeh,tapi selang dua jam kemudian uluhati saya terasa tidak enak,lalu saya minum obat maag promaag,bukannya sembuh tapi makin terasa tidak enak,bagaimana cara mengatasinya Dok?.Trima kasih

    Halo,   Ulu hati yang terasa tidak nyaman bisa disebabkan karena :

    1. Sakit maag
    2. GERD
    3. tukak lambung
    4. Hernia
    5. Serangan jantung
    6. Radang empedu
    7. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan secara seksama akan diperlukan. Karena adanya riwayat meminum jamu (herbal) sebelum timbul nyeri maka obat yang Anda konsumsi bisa berkaitan erat dengan keluhan penyakit Anda. Dokter akan memeriksa fisik dan medis keluhan Anda untuk mendapatkan penyebab dari keluhan Anda dan tentunya pengobatan terbaik yang bisa diberikan. Untuk mengurangi nyeri ulu hati Anda, maka sebaiknya Anda melakukan :
    1. Hindari mengkonsumsi jamu.
    2. Minum obat pereda asam lambung seperti omeprazol, lanzoprazol dll.
    3. Hindari makanan yang merangsang asam lambung seperti asam , pedasm makanan berminyak dll.
    4. Banyak minum air putih
    5. Jika terasa nyeri minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    6. Kompres hangat bagian ulu hati.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi