Tanya Dokter

  • efek samping vaksinasi sebelum umroh pada penderita endometriosis

  •  RN2603
    Anggota

    Halo dok, saya mahasiswi 21 tahun. Sejak tahun lalu, saya selalu merasa nyeri saat haid dan nyaris pingsan. Pada maret lalu, saya didiagnosa endometriosis dan kemudian diberi obat visanne-yang membuat haid saya jadi 2 bulan sekali, sebelum akhirnya harus operasi kistektomi perlaparoskopi pada akhir oktober. Pasca operasi, saya mendapat resep injeksi tapros 3.75mg per bulan untuk 3 bulan kedepan dan kembali kontrol pada februari 2017.  Januari 2017, saya berencana untuk berangkat umroh. Yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. Bolehkah saya menerima vaksinasi ?

    2. Adakah batasan aktifitas fisik yang harus saya lakukan selama umroh nanti ?

    3. Perlukah saya mendapat obat penunda haid mengingat pasca injeksi tapros kemarin saya masih tetap mendapatkan haid ?

    4. Adakah  makanan dan kondisi tertentu yang harus saya hindari mengingat endometriosis masih ada kemungkinan untuk kambuh lagi ?

    Terima Kasih

    Hai,

    Endometriosis merupakan suatu kelainan yang didasari oleh tumbuhnya lapisan endometrium di luar tempat yang seharusnya, yaitu di luar rahim. Penderita endometriosis biasanya mengeluhkan nyeri, gangguan keteraturan menstruasi dan mungkin gangguan kesuburan. Penyebab endometriosis hingga saat ini belum diketahui dan belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan secara tuntas penyakit ini. Pengobatan saat ini ditujukan untuk mengontrol nyeri atau memaksimalkan potensi kesuburan.

    Vaksinasi berarti memasukkan materi kuman/virus yang telah dilemahkan/mati ke dalam tubuh dengan tujuan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadapnya. Antibodi ini nantinya mampu menangkal kuman/virus apabila di kemudian hari terjadi infeksi. Karena endometriosis tidak berkaitan dengan gangguan kekebalan tubuh, vaksinasi kemungkinan besar aman dilakukan bagi penderita endometriosis.

    Penderita endometriosis cenderung mengalami kekambuhan / nyeri yang lebih hebat saat sedang stres. Karena itu, Anda sebaiknya cukup istirahat dan tidak kelelahan/stres saat umroh nanti. Apabila haid mengganggu ibadah Anda nantinya, Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan Dokter Kebidanan Anda (Sp. OG) untuk mendapatkan obat penunda haid -- Anda mungkin akan diberikan pil yang mengandung hormon untuk menunda haid. Pil hormon ini juga cenderung mengurangi gejala nyeri akibat endometriosis, namun tidak menyembuhkannya.

    Karena belum ada yang tahu secara pasti penyebab endometriosis, pengaturan diet tertentu tampaknya tidak memberikan manfaat atau masalah bagi penderita endometriosis. Namun, Anda tetap disarankan untuk menerapkan pola makan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Asupan buah dan sayuran secara rutin secara umum sangat baik bagi kesehatan, sementara asupan tinggi lemak dan kalori sebaiknya dihindari.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma