Tanya Dokter

  • Cara memutihkan wajah

  •  chosyfadhila
    Anggota
    Dok maaf sebelumnya saya mau cerita sedikit sebelum saya bertanya. Jadi seperti ini dok, 3minggu yg lalu saya melakukan dermaroller untk pertama kalinya, dan setelah 3hri dri derma kulit saya menjadi koreng dan saya tidak sengaja menggosoknya menggunakan kapas dan air biasa dan akhirnya koreng itu mengelupas dan bekasnya menjadi merah seperti kulit iritasi, setelah 7hri dia masih merah dok dan akhirnya sampai skrang menjadi ungu sprti memar didlm dan kalau dipakai bedak kayak hitam sangat terlihat perbedaan warna kulit saya. Bisa tolong sarannya dok agar kulit saya kembali lagi seperti semula dan bisa putih kembali sprti kulit asli saya. Makasih dok sebelumnya.

    Halo,

     

    Kelainan kulit yang Anda alami sebaiknya diperiksa secara langsung agar bisa dipastikan dengan seksama oleh dokter. 

    Dermaroller sendiri adalah sebuah metode kecantikan klinis dimana obat dimasukkan ke dalam bagian kulit atas (epidermis) dengan cara bagian kulit ditusuk dengan alat yang menggunakan jarum ukuran mini atau nano. Dengan demikian maka obat bisa masuk kedalam jaringan kulit atas dan memberikan hasil instant seperti yang diharapkan para pengguna klinik kecantikan.

    Umumnya tindakan ini dilakukan oleh tenaga medis terlatih atau dokter kulit untuk menghindari komplikasi.

    Akibat dari penggunaan dermaroller tersebut maka pengguna derma roller akan memiliki beberapa panduan seperti menggunakan krim khusus paska derma atas anjuran dokter, menghindari paapran sinar matahari berlebih dan menghindari menggaruk atau menggosok kulit paska derma.

    Mengingat tindakan Anda menggosok ringan bagian tertentu maka kondisi ini bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada daerah tersebut yang akhirnya bisa menimbulkan komplikasi yaitu hiperpigmentasi paska inflamasi.

    Kehitaman yang timbul pada kulit akibat hiperpigmentasi paska inflamasi tersebut terjadi akibat adanya timbunan melanin pada daerah yang meradang. Untuk menghilangkan kondisi ini dibutuhkan waktu dan pengobatan yang cukup lama terantung dari kedalaman hiperpigmentasi terjadi. Semakin dalam hiperpigmentasi (melebihi lapisan epidermis) maka semakin lama pula bercak tersebut memudar.

    Untuk itu maka konsultasikan kondisi Anda ke dokter yang melakukan derma roller kepada Anda. Dengan demikian dokter bisa memeriksa dan memastikan keluhan Anda serta memberikan penganan yang sesuai.

    Hindari menggosok kulit Anda dan hindari pula paparan sinar matahari berlebih, gunakan tabir surya dan alat pelindung lain.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi