Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan tahi lalat

  •  megasmy119
    Anggota

    ASS.DOKTER,saya berumur 17 th,wajah saya memiliki tahilalat mati,bukan tahilalat hidup,didagu di sekitar mulut saya banyak tahi lalat,dan hal itu membuat saya tidak percaya diri,bagaimana ya dok?cara menghilangkan tahilalat ini?makasi bantuannya dok,WASS.

    Halo Mega, 

    Terima kasih atas pertanyannya, 

    Tahi lalat merupakan perubahan struktur dan warna yang berupa bintik pada permukaan kulit. Warna dapat berupa cokelat atau atau agak kehitaman. Bentuknya mulai dari bulat, lonjong, datar ataupun mendatar. Tahi lalat dapat tumbuh mulai dari lahir sampai pada usia 30 tahun. Tahi lalat dapat bersifat bahaya atau tidak. Salah satu kondisi tahi lalat yang berbahaya adalah jenis keganasan yang disebut melanoma. Kondisi inilah yang menjadi indikasi medis untuk dilakukan operasi pengangkatan tahi lalat. 

    Seseorang memiliki resiko dimana tahi lalat yang tumbuh lebih banyak dibandingkan dengan orang lain yaitu sebagai berikut: 

    1. Mempunyai keturunan dengan jumlah tahi lalat banyak
    2. Pengaruh hormonal
    3. Berkulit lebih terang
    4. Sering terpapar sinar matahari.

    Pengangkatan tahi lalat pada umumnya berindikasikan terhadap ketidaknyamanan terhadap letak tahi lalat yang mengganggu secara penampilan. Indikasi ini maka dokter akan melakukan tindakan kateterisasi untuk mengangkat tahi lalat tersebut. Namun, pada kasus seperti adanya melanoma maka pilihan terapinya berupa operasi khusus yang dapat dijalani beberapa langkah, selain itu juga dilakukan  kemoterapi, radioterapi, imunoterapi. Pada kasus Anda, dapat dilakukan penanganan sesuai dengan kondisi Anda, konsultasikan kondisi Anda dengan dokter spesialis kulit mengenai tindakan yang dapat dilakukan, waktu penanganan, persiapan serta efek samping yang mungkin dapat muncul. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr.Tiwi.