Tanya Dokter

  • Masa penyembuhan patah tulang pergelangan tangan

  •  Ratriza Osa
    Anggota
    Hallo dokter nama saya ratri osalianti umur saya 21 tahun, saya habis kecelakaan patah tulang dibagian tangan kiri di pergelangan nya. Dalam ronsen tulang saya itu satu nya patah dan satunya lagi naik keatas bagian siku, bagaimana cara memperbaiki nya, apa yang harus saya konsumsi, dan berapa lama saya sembuh.

    Terima kasih Ratri Osalianti atas pertanyaannya di forum Alodokter, kecelakaan dan akibat benturan yang keras tentu dapat menimbulkan berbagai kerusakan pada bagian tubuh termasuk pada patah tulang. Kondisi patah tulang ini biasanya dapat dikenali dengan adanya:
    - bentuk yang tidak normal
    - merah
    - nyeri
    - nyeri saat digerakkan

    Walau pada pemeriksaan fisik biasanya patah tulang sudah dapat dikenali namun guna memastikan kondisi ini biasanya akan dilakukan foto rontgen kembali. Pada kondisi dimana tulang terbukti patah, biasanya penanganan ditentukan diperlukan tindakan operasi ataukah tidak. Namun pada patah tulang yang letak tulangnya bergeser tentu diperlukan suatu tindakan operasi dalam penanganannya. Dimana pada operasi posisi tulang akan diposisikan lagi ke posisi normal dan tulang akan dipasang semacam plat untuk menahan posisi tulang hingga mencapai masa penyembuhan. Dimana penyembuhan pada tulang ini biasanya membutuhkan waktu selama beberapa bulan. Mengenai konsumsi makanan tentu makanan yang kaya protein dan bergizi tinggi akan dapat mempercepat kondisi penyembuhan pada keadaan ini. Namun sebaiknya hal ini tentu dapat didiskusikan kembali bersama dokter terkait guna mendapatkan informasi yang lebih spesifik untuk kasus Saudari saat ini.

    Berikut terdapat diskusi lainnya seputar patah tulang

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra