Tanya Dokter

  • Urat yang tampak pada permukaan kulit bayi

  • Dok anak saya dri3bulan udh kelihatan urat nya d.kepala ?? Apa obat nya ya dok

    Hai Viiea,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas, urat seperti apa yang Anda maksud? 

    Urat yang tampak di permukaan kulit bisa merupakan hal yang wajar pada bayi karena lapisan kulitnya yang masih tipis. Urat ini merupakan pembuluh darah yang terletak di kulit bagian superfisial. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, maka deposisi lemak di kulitnya akan semakin banyak dan bisa membuat urat ini menjadi lebih samar.

    Pada beberapa kondisi, urat bisa juga lebih tampak di kulit karena kondisi lain, misalnya:

    • Telangiektasia (pelebaran pembuluh darah di permukaan kulit), biasa terjadi misalnya saat bayi berada di lingkungan yang panas
    • Peningkatan tekanan intrakranial, misalnya karena hidrosefalus, tumor otak, pasca cidera kepala
    • Kelainan jaringan ikat bawaan, dan sebagainya

    Sebaiknya, pastikan dulu apakah tampaknya urat di kepala anak Anda merupakan kondisi yang normal atau tidak. Caranya, periksakan langsung anak Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika urat tersebut masih tergolong normal, maka umumnya dokter tidak akan merekomendasikan penanganan apapun. Namun, jika tidak, maka penanganan nantinya akan disesuaikan dengan penyakit yang mendasarinya.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya hindari memijat, mengurut, atau mengoleskan apapun ke urat tersebut. Jaga selalu sanitasi lingkungan sekitar anak Anda dan optimalkan pertumbuhannya dengan memberinya ASI eksklusif hingga usia 6 bulan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah