Tanya Dokter

  • Tendon di jari putus karena patah tulang

  • Dok... 4 thun yg dulu jari telunjuk saya pernah patah tulang hampir putus..kata dokter uratnya putus 4..ga tau urat ap... alkhamdulilah di oprasi msih bisa di sambung.. Tp ga bisa di tekuk... dan untuk nunjuk ga bisa tegak lurus... katanya msih ada satu urat yg blm nyambung... Klo di oprasi lgi ap urat yg blm nyambung bisa perbaiki atau bisa di sambung lagi... trimakasih dokter
    Demitd Kuburan  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Demitd,

    Gangguan fungsi pada jari dapat terjadi akibat masalah pada jaringan pembentuk jari seperti gangguan pada tulang, otot, tendon, ligamen ataupun juga jaringan lainnya. Hal ini dapat disebabkan oleh kecelakaan, luka sayatan atau bacokan benda tajam, terjepit, cedera olahraga ataupun hal lainnya.

    Untuk mampu bergerak dengan baik tentunya semua fungsi bagian dari jari haruslah baik. Sering kali akibat trauma yang terjadi, fungsi bagian tubuh dapat berkurang kemampuannya baik sifatnya dapat dikembalikan ataupun menetap. Jika terjadi kerusakan urat mungkin dalam hal ini adalah akibat tulang yang patah dan tendon yang putus dimana tendon merupakan penyambung antara otot dan tulang. Jika terputus maka akan dilakukan operasi penyambungan tendon oleh dokter bedah, selain dengan operasi perlu juga dilakukan terapi setelah pemulihan agar fungsinya dapat kembali mendekati normal.

    Apabila fungsi masih belum baik perlu dilakukan evaluasi kembali oleh dokter ortopedi untuk menilai kondisi Anda dan rencana terapi berikutnya apakah masih dapat diperbaiki atau tidak tergantung pada kondisi Anda apakah cedera yang terjadi sifatnya permanen atau tidak. Untuk itu periksakan kembali diri Anda pada dokter ortopedi yang menangani Anda. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen ataupun juga pemindaian dengan MRI untuk menilai kondisi tangan dan jari Anda.

    baca juga diskusi mengenai trigger finger.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.