Tanya Dokter

  • Urine Balita 6 Bulan Warna Merah Orange

  •  fian542
    Anggota

    Anak kami Cowok lahir premature 8 bln tgl 10 Sept 2017, BB Lahir 2,2 Sekarang udah 7,5kg.

    Keluhannya begini.
    Akhir2 ini sudah lebih dari seminggu urine nya berwarna merah-orange di bagian depannya. tidak pernah di pakaikan bedak di daerah tsb. Anak Kami dari baru lahir full ASI, baru masuk 6 bulan ini dia MPASI. makannya lahap. Kenapa ya dok?

    Sebagai pendukung keluhan kami diatas, Akhir akhir ini juga anak kami Pilek, hidungnya sering tersumbat terutama saat malam (bunyi grok grok gitu), padahal Temperatur AC udah 27. Namun tidak disertai batuk.
    Terus beraknya tidak normal Sekali setiap hari, kadang 2kali sehari.
    Sering gumoh juga padahal usia sudah 6 bulan. Memang sih anaknya Aktif ceria kalau bangun, tapi kalau lewat jam 12 malam sering nangis tiba tiba dok, padahal sebelumnya dia tidurnya teratur jam 9 sampai jam 5 pagi.

    Sebelumnya Terimakasih dok.

    Halo fian542......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui sebelumnya, jika buang air kecil bayi berwarna kemerahan, hal ini paling sering terjadi ketika bayi mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung zat warna merah.

    Beberapa makanan seperti buah naga merah, bit, Blackberry, dapat menyebabkan warna urin menjadi merah. Biasanya ciri warna urin merah karena makanannya, terjadi maksimal dua kali dalam sehari dan kemudian warna urin akan kembali normal. 

    Jika warna Urin tidak berubah dalam waktu yang cukup lama apalagi disertai dengan gejala lain seperti nyeri saat pipis, bayi rewel, bayi terlihat lemas, tidak nafsu makan, maka kemungkinan hal ini dapat menandakan adanya suatu masalah pada organ ginjal ataupun kandung kemih.

    Oleh karena warna urin yang dialami oleh anak Anda sudah kurang lebih terjadi selama seminggu, maka kami sangat menyarankan kepada anda untuk segera membawa anak Anda menemui dokter spesialis anak dan mendiskusikan masalah ini, sehingga anak Anda dapat dilakukan sebagai penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini sesuai dengan pertanyaan Anda :

    BAYI PREMATUR

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati