Tanya Dokter

  • Penyebab urine berwarna kemerahan

  •  Salman Pakaya
    Anggota
    Hallo dok... Sya mau konsul, kenapa blakangan ini sya klw mau buang air kecil, warnanya kemerahan??? Apa itu darah yg keluar dgn urine??? Klau memang itu darah, tapi setiap buang air kecil dan kluar wrna kemeraha tdak ada rasa sakit yg sya rasakan.... Itu gejala apa ya dok??? Thanks sebelumnya...

    Halo Salman.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa air kencing yang berwarna kemerahan, umumnya memang disebabkan karena terdapatnya darah pada air kencing, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai hematuria.

    Pemicu yang paling sering menyebabkan hematuria yaitu infeksi saluran kemih. Kondisi ini terjadi ketika bakteri memasuki tubuh melalui uretra dan berkembang Biak di dalam kandung kemih. Akan tetapi infeksi saluran kemih umumnya menimbulkan gejala timbulnya rasa sakit dan sensasi terbakar saat buang air kecil, urin yang beraroma kuat, keinginan untuk terus buang air kecil.

    Selain infeksi saluran kemih, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : infeksi ginjal, Pembengkakan kelenjar prostat, batu ginjal, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker ginjal, Peradangan pada uretra, obat - obatan tertentu yang memicu hal ini, olahraga secara berlebihan, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini air kencing yang dikeluarkan masih saja berwarna merah, maka kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, USG khusus sistem kemih, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HEMATURIA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati