Tanya Dokter

  • USG dan penyakit dalam

  •  Achull Uyeh
    Anggota

    Apakah hanya dengan dilakukan pemeriksaan USG semua penyakit DALAM bisa terdeteksi?

    Hai,   USG (ultrasonografi) merupakan alat pencitraan non invasif (tidak ada radiasi)  yang menggunakan gelombang suara ultrasonik (gelombang suara di atas batas ambang pendengaran manusia). Awalnya USG digunakan untuk memeriksa kondisi bayi dalam kandungan seorang ibu, namun dengan semakin majunya ilmu pengetahuan USG digunakan juga untuk mendeteksi adanya penyakit lain dan digunakan sebagai alat pendukung beberapa tindakan prosedur operasi.. USG bisa digunakan untuk menilai adanya kelainan pada organ tubuh seperti :

    1. Liver
    2. Kandung empedu
    3. Pankreas
    4. Ginjal
    5. Kandung kemih
    6. Rahim
    7. Ovarium
    8. Payudara
    9. Sendi, urat, tendon
    10. Mata
    11. Pembuluh darah besar
    12. Tiroid
    13. Jantung
    Biasa digunakan untuk mendeteksi adanya benjolan, batu, kista, tumor, kelainan bentuk, infeksi, kumpulan cairan berlebih, adanya obstruksi / hambatan pada organ, adanya blok/ clot pada pembuluh darah dll. Pada mata USG bisa digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan pada cairan dalam bola mata, kelainan pada retina dll. Pada jantung USG bisa digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan katup, gangguan kontraksi otot jantung dan adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Jadi secara garis besar hampir semua kelainan bisa dideteksi dengan adanya bantuan USG ini. Namun USG juga memiliki kelemahan yaitu :
    1. Harus dilakukan oleh operator yang ahli di bidangnya , karena interpretasi hasil bisa membingungkan jika dilakukan oleh seseorang yang tidak ahli.
    2. Memerlukan perantara gel.
    3. Ketajaman / resolusi gambar pada alat yang kurang baik bisa mempengaruhi hasil penginterpretasian.
    4. Bila ada gas berlebih gelombang suara akan dihamburkan dan menimbulkan gambaran yang tidak jelas.
    5. Lemak tubuh yang terlalu banyak (terutama lemak perut pada orang dengan obesitas) akan menghalangi gelombang suara untuk menembus lebih dalam sehingga hasil kurang jelas.
    6. Memerlukan kerjasama pasien untuk mampu berbaring tenang selama pemeriksaan.
    USG merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang bisa digunakan untuk membantu seorang dokter menentukan apakah yang terjadi pada tubuh seseorang yang berkaitan dengan gejala yang dirasakan pasien tersebut. Namun penginterpretasian akan dilakukan oleh seorang dokter dan keahliannya dalam melakukan tindakan USG ini.   Semoga membantu.   dr. Yusi