Tanya Dokter

  • penggantian papsmear dengan USG untuk mendeteksi kanker

  •  Nur
    Anggota
    Dokter bagi org yg belum menikah kan Dokter tidak bisa melakukan pap smear lalu apa solusi alternatif apakah bisa melalui usg? Berhubung panggul saya sering sakit Dan usg dalam sekali waktu bisa kan untuk periksa Deteksi kanker dini? dalam sekali waktu meriksa organ lain seperti perut paru paru payudara Dan biayanya sama atau beda? jika memakai Surat rujukan dari puskesmas menggunakan Bpjs itu gratis ya? kalo bayar biayanya paling mahal berapa?

    Halo,

     

    USG merupakan alat tes medis non invasif menggunakan resonansi suara (sonogram) untuk memberikan gambaran kondisi organ yang akan diperiksa.

    Pada wanita yang belum aktif secara seksual, memang papsmear tidak bisa dilakukan. Papsmear tidak bisa digantikan dengan metode USG, karena gambaran dari pemeriksaan akan memberikan hasil yang tidak sama. Kanker servik umumnya jarang (atau hampir tidak ada) menyerang wanita yang belum aktif secara seksual, karena sebagian besar penyebab dari kanker servik adalah virus HPV yang biasa ditularkan melalui hubungan seksual dengan kontak langsung penderita HPV.

    USG dapat memeriksa banyak organ seperti jantung, mata, paru, abdomen (saluran cerna, liver, ginjal), saluran reproduksi, sendi, dll. Biaya yang dibutuhkan tentu tidak sama, pemeriksaan yang semakin banyak (kompleks) akan memberikan biaya yang lebih besar.

    Baca topik Kanker servik pada wanita non aktif secara seksual.

    Untuk pengguna BPJS, USG masih diperbolehkan dilakukan (gratis) atas sesuai instruksi dokter pemeriksa. 

    Keluhan Nyeri panggul yang Anda rasakan bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi rahim.

    2. Penyakit radang panggul.

    3. Kista..

    4. Mioma.

    5. Batu saluran kemih.

    6. Iritasi kandung kemih.

    7. Dll.

    Anda bisa melakukan USG untu mencari tahu penyebab dari nyeri panggul Anda, namun pemeriksaan fisik dini secara langsung sebaiknya dilakukan terlebih dahulu agar dokter bisa menentukan pemeriksaan medis lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi Anda.

    Deteksi dini kanker servik pada wanita yang belum menikah belum bisa dilakukan. Deteksi dini Kanker servik umumnya menggunakan papsmear atau tes IVA yang tetap membutuhkan akses ke dalam liang vagina Anda.

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi