Tanya Dokter

  • Usg bisa melihat adanya kanker serviks

  • Assalamualaikum dok saya mau tnya ,apakah usg bsa melihat adanya kanker serviks? Yg sdh melakukan seksual kemarin saya sdh usg hasilx normal dok
    Cantikka Karisma  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Cantikka,

    Kanker serviks adalah keganasan pada leher rahim yang mengenai wanita yang sudah aktif secara seksual. Kanker serviks sebagian besar disebabkan karena infeksi virus HPV. Gejala kanker serviks perdarahan abormal dari vagina, nyeri saat berhubungan, perdarahan pasca berhubungan, keputihan tidak normal, ada darah dalam urin, bengkak di kaki, penurunan berat badan dan nafsu makan, nyeri pada tulang dan perut bawah.

    USG tidak bisa melihat adanya kanker serviks. Untuk mendeteksi dii kanker serviks bisa dilakukan dengan pemeriksaan IVA test dan papsmear. Jika hasilnya ada kecenderungan perubahan pada sel leher rahim, maka dokter bisa menganjurka tes tambahan seperti kolposkopi, biopsi, tes darah, dan tes pencitraan (rontgen, CT scan, MRI, PET scan) untuk melihat adakah penyebaran kanker.

    Wanita usia subur yang sudah melakukan hubungan intim sangat disarankan melakukan papsmear atau IVA test secara berkala 3-5 tahun sekali. Dengan demikian jika Anda ingin mendeteksi kanker serviks, Anda bisa mengunjungi laboratorium terdekat untuk melakukan papsmear ya.

    Berikut ini cara mencegah kanker serviks:

    • Vaksin HPV
    • Hindari seks bebas
    • Screening kanker serviks secara berkala

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Kanker serviks
    Deteksi dini kanker serviks

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y