Tanya Dokter

  • Belum terlihat kantung kehamilan namun hasil testpack positif

  •  Alfanibeta
    Anggota
    Sore dok. Saya telad haid 7 hari dan sudah testpack positif, hari ini saya ke dokter kandungan dan dilakukan usg perut hasilnya belum nampak kantung kehamilan namun dokter bilang ketebalan rahim saya sudah menunjukkan tanda hamil. Dokter memberikan obat penguat janin & suplemen, dan diminta dokter untuk kontrol lg 1 minggu ke depan dan diharapkan sudah nampak min 7mm. Yang saya mau tanya, setelah saya pulang dan googling ternyata seharusnya untuk usia kehamilan < 7 minggu dilakukan usg transvaginal, namun mengapa dokter saya tidak tawarkan usg transvaginal sama sekali ya dok? Dan apakah ketidakmunculan kantung hamil adalah kasus yg wajar dan saya tetap dinyatakan positif? Teman saya usia kehamilan 5 minggu sudah terlihat kantung nya dengan usg perut. Mohon infonya ya dok. Trims.

    Halo Alfanibeta, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Biasanya janin dan denyut jantung janin sudah dapat terlihat pada USG pada usia kehamilan 6-10 minggu. Namun demikian bisa terlihat atau tidaknya janin dan denyut jantung janin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

    1. Alat USG yang dipakai
    2. Jenis USG yang digunakan (abdominal atau transvaginal USG)
    3. Operator atau orang yang melakukan USG
    4. Bentuk rahim (antefleksi atau retrofleksi)
    5. Faktor lain seperti adanya fibroid atau miom di rahim, posisi penempelan janin, ketebalan lemak perut, buli yang terisi penuh atau tidak saat pemeriksaan, dan lain sebagainya

     

    Kondisi kehamilan, bentuk rahim, posisi janin  pada setiap wanita hamil bisa jadi berbeda-beda. Alat USG yang digunakan serta operator USG juga bisa berbeda. Oleh karena itu kondisi anda dan teman anda memang tidak dapat disamakan. Janin yang tidak bisa terlihat dari USG pada usia kehamilan muda (bila anda terlambat menstruasi 1 minggu, berarti kemungkinan usia kehamilan anda 5-6 minggu) adalah hal yang normal dan anda tetap dapat dinyatakan hamil.

     

    Untuk mendeteksi ada tidaknya janin pada kehamilan muda, memang dapat digunakan USG transvaginal. Namun mengenai USG transvaginal yang tidak ditawarkan oleh dokter anda, sebaiknya anda tanyakan secara langsung kepada dokter kandungan anda. Salah satu kemungkinannya adalah alat USG transvaginal tidak tersedia pada ruang pemeriksaan dokter anda. Bila tidak terdapat kontraindikasi tertentu untuk dilakukannya USG transvaginal, dan alat tersedia, dokter anda pasti akan mau melakukan USG transvaginal pada anda.

    Untuk selanjutnya, saat melakukan USG ulang, sebaiknya anda mencoba untuk minum banyak sekitar 1 jam sebelum pemeriksaan dan hindarilah buang air kecil sebelum pemeriksaan agar buli (kandung kencing) anda terisi penuh dan mendorong rahim anda lebih ke permukaan sehingga lebih mudah untuk terlihat melalui USG.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia