Tanya Dokter

  • Usia kehamilan 8 minggu saat di usg tidak terlihat

  •  yuwan efendi
    Anggota
    pagi dok, saya wanita 24 tahun, saya mau bertanya... kenapa di kehamilan saya 8 minggu saat usg kata dokternya belum terlihat ya dok ? Disuruh usg lagi 2minggu atau sebulan kemudian... Terimakasih dok

    Hai yuwan,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Hasil testpack yang positif atau adanya tanda-tanda kehamilan (misalnya terlambat menstruasi, mual, pusing, moodswing, dan sebagainya) memang tidak pasti berarti hamil. Pada beberapa kondisi, berbagai keluhan subyektif tersebut bisa juga disebabkan oleh perubahan hormonal saat menjelang menstruasi, dispepsia (peningkatan asam lambung), infeksi virus atau bakteri, serta gangguan psikosomatis. Hasil testpack yang positif pun pada beberapa kasus yang jarang bisa juga terjadi akibat urin yang terkontaminasi oleh obat atau bakteri, dan juga prosedur testpack yang tidak tepat (false positive pregnancy test).

    Karenanya, pemeriksaan USG diperlukan untuk mengkonfirmasi semua tanda kehamilan di atas. Jika benar Anda hamil, maka pada awal kehamilan, dari pemeriksaan USG Anda bisa melihat adanya kantung kehamilan (gestational sac). Selanjutnya, setelah kehamilan memasuki usia 9 minggu atau lebih, barulah janin akan mulai tampak jelas.

    Perlu diperjelas dulu, apakah pada pemeriksaan USG dokter mengatakan ada kantung kehamilan? Ataukah tidak ada tanda kehamilan sama sekali? 

    Jika tampak kantung kehamilan, maka kondisi yang Anda alami kemungkinan masih normal. Anda perlu bersabar sekitar 2 hingga 4 minggu untuk menunggu agar janin bisa jelas terlihat di USG.

    Namun, jika tidak tampak kantung kehamilan sama sekali, misalnya hanya tampak penebalan dinding rahim, maka besar kemungkinan Anda tidak sedang hamil. Penebalan dinding rahim bisa juga terjadi saat menjelang menstruasi, akibat efek samping kontrasepsi, atau saat Anda mengalami suatu penyakit, misalnya endometriosis, kehamilan ektopik, kista ovarium, hiperprolaktinemia, dan kelainan kelenjar tiroid.

    Dokter menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan USG ulang 2 hingga 4 minggu kemudian tujuannya adalah untuk memantau bagaimana perkembangan rahim Anda, apakah akan muncul tanda kehamilan, atau tetap tidak berubah. Selanjutnya, barulah penanganan yang tepat bisa dilakukan. 

    Sebaiknya, Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan yang memeriksa Anda ya.. Beliau tentu lebih mengetahui langkah terbaik bagi pasiennya.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah