Tanya Dokter

  • Cara menambah berat badan anak usia 10 tahun

  •  Tanwinbasri
    Anggota
    Yth dr, Tanwin Basri Nasution bertanay, apa solusi agar cucu saya bisa berat badannya bisa bertambah.pola makannya biasa artinya napsu makannya biasa dan semua dia suka.

    Hai Ibu Tanwinbasri.. Terimaksih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Status gizi pada anak- anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Karena status gizi berpengaruh pada tumbuh kembang anak, pada masa pubertas anak, dan penampilan fisik anak. Rendahnya berat badan anak seringkali membuat orang tua khawatir. Beberapa faktor yang mempengaruhi status gizi anak adalah jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, faktor keturunan, dan adakah penyakit yang diderita.

    Yang cukup baik untuk menilai status gizi anak ialah dengan mengukur IMT (Index Massa Tubuh). Rumus yang digunakan ialah: Berat badan/ tinggi badan2

    (berat badan dalam kilogram; tinggi badan dalam satuan meter). Nantinya sesuaikan dengan diagram WHO yang tersedia sesuaikan apakah diagram anak perempuan atau diagram anak laki- laki.

    Yang perlu diperhatikan jika berat badan anak telah terjadi dalam waktu lama, anak lemas, terjadi penurunan nafsu makan, dan ada tanda- tanda penyakit lainnya karena berat badan rendah pada anak dapat disebabkan karena Tubrkulosis. Seringkali TBC pada anak tidak disertai dengan batuk- batuk lama tapi ditandai dengan berat badan yang tak juga meningkat. Jika belum ada perkembangan anda dapat memeriksakan anak ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan dan dapat konsutasi mengenai gizi anak. 

    Pastikan anak mendapat asupan makanan yang bergizi seimbang, makan buah dan sayur, minum air putih yang cukup, minum multivitamin penambah nafsu makan anak, dan lakukan pengukuran berat badan secara rutin.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti